Anda Patut Waspada Terhadap Penyakit Hepatitis Si Perusak Hati

Organ hati atau di sebut juga dengan liver memiliki tugas yang sangat penting serta rumit guna kelangsungan seluruh fungsi tubuh. Bukan hanya itu, liver juga kerap kali di sebut-sebut sebagai salah stau organ tubuh yang paling istimewa, hal ini dikarenakan kemampuan liver beregenerasi.

Kemampuan hati atau liver yang beregenerasi yakni mampu menyembuhkan dirinya sendiri dengan cara memperbaiki atau bahkan mengganti jaringan-jarinagn yang rusak, hal ini karena fungsinya yang sangat rumit serta banyak berurusan dengan sejumlah bahan yang memiliki potensi merusak, dan salah staunya yaitu mendetoksifikasi darah.

Banyak diantaranya hal yang bisa merusak hati, dan salah staunya yaitu penyakit hepatitis. Mungkin kita telah mengenal banyak virus, termasuk virus yang menyebabkan hepatitis, namun yang paling di kenal yaitu hepatitis A, B dan C.

Dari ketika jenis virus hepatitis tersebut, berdasarkan ungkapan dari Dr.Ooi Choon Jin, seorang ahli gastroenterologi dari Gleneagles Hospital Singapura, menyebutkan bahwa hepatits B juga hepatitis C yang harus benar-benar kita waspadai, dikarenakan jenis virus ini sangat mudah menular serta bisa berkembang menjadi kanker hati.

“Hepatitis A bisa sembuh total, sementara kalau hepatitis B dan C bisa menjadi hepatitis kronis, bahkan menjadi kanker hati,” ungkap Dr. Ooi yang kita kutip dari health.kompas.com (22/8/15).

Penting juga untuk diketahui, bahwa virus hepatitis B atau bahkan C bisa ditularkan melalui cairan tubuh. “Virus hepatitis B bisa ditularkan lewat hubungan seksual, dari jarum suntik, atau dari ibu kepada bayinya,” katanya.

Sementara itu, untuk jenis hepatitis C bisa disebarkan melalui darah, produk darah atau bahkan jarum suntik juga jarum tato yang terkontaminasi dana menyebarkan virus. “Hepatitis C dapat berkembang menjadi penyakit hati kronik seperti sirosis, bahkan kanker hati,” kata Ooi.

Untuk gejala hepatitis C diantaranya yaitu rasa lelah yang kronis, menurunnya nafsu makan bahkan bisa saja hilang, keadaan kulit dan mata yang menguning, lemas, mual serta adanya rasa nyeri di bagian sendi. Jika ANda menemukan gejala-gejala ini, maka Anda dianjurkan untuk memeriksakan keadaan darah Anda.

Menurut Dr. Ooi, penyakit hepatitis C ini bisa kita cegah. Karena untuk saat ini telah banyak jenis obat-obatan oral yang bisa di konsumsi satu kali dalam satu hari, dan obat-obatan tersbeut sangat bagus untuk mencegah vurus agar tidak bereplikasi.

Namun, walaupun beberapa jenis obat tersebut mampu menurunkan jumlah virus yang ada di dalam tubuh, namun nyatanya obat tersebut sangat jarang bisa menghilangkan virus hepatitis yang telah menyebar di dalam tubuh. Bahkan, ketika kerusakan hati sudah terjadi sedemikian luas, dan obat-obatan yang di konsumsi tidak bisa lagi membantu, maka umumnya dokter akan menganjurkan kita untuk melakukan pencangkokan hati.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517