Anda Mengalami Luka Memar? Lakukan 4 Hal Ini Sebagai Pertolongan Pertama

Ketika ada bagian tubuh Anda yang memang terbentur suatu benda yang tumpul, maka biasanya akan muncul warna kebiruan di bagian kulit yang terkena benturan. Bahkan ketika Anda menyentuhnya pun, Anda akan merasakan sakit di bagian tersebut. Dan ternyata, luka memar memang harus segera Anda atasi dengan cara yang tepat, sebelum luka tersebut semakin parah.

Penting untuk Anda ketahui, sebenarnya tanpa harus pergi ke dokter, Anda bisa meredakannya dengan cara-cara sederhana. Bahkan, dengan bahan juga alat sederhana yang ada di rumah Anda, Anda bisa memberikan pertolongan pertama guna mengatasi luka memar tersbeut. Dan berikut ini ada beberapa cara sederhana yang memang sangat ampuh untuk mengatasi luka memar, yaitu sebagai berikut:

1. Buat Kompres Es

Anda bisa mengkompres bagian tubuh yang terkena benturan atau yang mengalami luka memar, dengan menggunakan es batu yang telah Anda lapisi dengan handuk tipis atau bahkan lap bersih. Untuk tahapan awal, Anda bisa mengompres dengan menggunakan es batu selama 15 menit saja. Dan selama 24-48 jam pertama setelah Anda terkena benturan, kompres luka memar tersebut berulang kali dengan menggunakan es batu.

2. Dua Hari Setelah Dikompres Es

Dua haris setelah kejadian, dan setelah Anda selesai mengompres luka memar dengan menggunakan es batu, gantilah kompresan dengan dengan menggunakan air hangat. Anda bisa mengambil handuk bersih, rendam sejenak pada air hangat, kemudian kompres beberapa kali di sekitar luka yang memar.

3. Istirahatkan Area Luka Lebam

Anda harus membiarkan area yang terkena luka memar tetap terbuka. Setelah itu istirahatkan, dan sebaiknya jangan terlalu banyak terkena sentuhan. Dan jika memungkinkan, Anda bisa mengangkat bagian tubuh yang memang terkena luka lebam. Contohnya, jika bagian lutut yang mengalami luka memar, Anda bisa mengangkat kaki Anda dan menaruhnya di kursi yang posisinya lebih tinggi daripada tempat Anda duduk.

4. Kapan Saatnya Harus Menghubungi Dokter?

Jika luka memar yang Anda alami disertai dengan rasa nyeri, sakit, kemerahan hingga mengalami pembengkakan, maka Anda bisa secepatnya menghubungi dokter guna memeriksakan kondisi Anda tersebut. Atau bahkan Anda bisa langsung memeriksakan pada dokter jika luka memar tersebut ada di bagian kepala atau bahkan wajah Anda, karena area tersebut merupakan area yang sensitive. Bukan hanya itu, bahkan ketika luka memar tersebut menyulitkan Anda untuk menggerakan sejumlah sendi, maka Anda dianjurkan untuk segera menghubungi tim medis atau dokter agar Anda secepatnya mendapatkan penanganan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika Anda terkena benturan yang mengakibatkan luka memar. Jika luka memar Anda tidak terlalu parah dan berada di sekitaran kaki atau bahkan tangan, maka hanya dengan mengompresnya saja, maka luka memar tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun jika tak kunjung hilang dan juga disertai dengan rasa nyeri yang menyiksa Anda, maka Anda bisa secepatnya menghubungi dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517