Anda Masih Bingung Menentukan Posisi Menyusui yang Benar? Ini Caranya

Perasaan kaku, canggung, bahkan khawatir kalau Anda salah posisi menyusui yang benar kerap kali dialami oleh ibu menyusui di minggu pertama si kecil di lahirkan. Lebih-lebih ketika si kecil menangis ketika sedang menyusu, pastinya Anda akan sangat merasa kewalaham.

Posisi menyusui yang baik dan benar terdiri dari beberapa posisi, dan kondisi ini pastinya akan disesuaikan dengan kondisi ibu serta bayi. Seperti kondisi bayi yang premature, kondisi bayi yang baru pertama kali menyusu, ketika di malam hari, atau bahkan ketika si kecil sedang dalam keadaan sering menyusu.

Sehingga beberapa posisi di atas bisa menggunakan cara dengan menempelkan bayi lebih dekat dengan payudara Anda, sedangkan untuk posisi tangan di tengkuknya, dan hal ini bisa memberikan kontrol kepada si kecil ketika berada dalam posisi menyusui. Dan untuk posisi bayi yang di gendong pada bagian pinggang, bisa membuat si kecil merasa lebih rileks. Jika keadaan tubuh si kecil rileks juga santai, maka akan menempel dengan sangat baik.

Anda juga bisa duduk di tempat tidur atau bahkan di atas kursi yang nyaman dengan keadaan punggung serta bahu di dukung oleh satu atau bahkan lebih bantal di sisi Anda, hal ini guna membawa si kecil agar lebih sejajar dengan payudara. Dan jika Anda sedang duduk di kursi, maka Anda bisa menggunakan alas bantal antara Anda dengan bagian lengan kursi.

Ketika itu tempatkan si kecil di atas bantal yang terselip di bagian bawah lengan Anda, dengan menempatkan tangan Anda di sisinya sehingga mampu mendukung leher serta bahu si kecil. Anda bisa menekuk pada bagian tengah, sehingga keadaan kaki dan pantat terasa lebih nyaman dan bersandar di antara bantal yang mendukung bagian punggung Anda.

Anda harus menghindari memegang bagian belakang kepala si kecil, karena hal ini bisa menyebabkan keadaan atau posisi bayi yang melengkung jauh dari jangkawan payudara. Anda bisa mendekatkan posisi si kecil untuk mendekat ke payudara, ketika posisi yang nyaman di temukan, maka Anda bisa mengganjal bagian bawah tubuh bayi dengan menggunakan bantal.

Nah, selain posisi duduk, Anda juga bisa menggunakan posisi tidur atau berbaring ketika menyusui. Pada dasarnya posisi berbaring membutuhkan kehati-hatian serta keterampilan, namun ketika posisi ibu dan bayi tengan berbaring dan saling berhadapan, maka hal ini bisa lebih menjalin kedekatan batin antara Anda dengan bayi.

Ketika posisi berbaring, Anda bisa menempatkan dua buah bantal di bawah kepala Anda, bahkan letakkan juga bantal di belakang punggung serta terselip di balik bayi Anda. Hal ini dilakukan guna memperoleh kenyamanan ketika Anda tengah menyusui.

Anda bisa menempatkan si kecil di samping Anda dengan menghadap langsung kea rah Anda, dan letakkan di tangan Anda. Nah, jika posisi berbaring ini pada awalnya tidak bekerja dengan baik, maka Anda bisa melakukan banyak cara agar Anda juga si kecil merasa nyaman dan aman ketika menyusui.

Related Posts

Share This