Anda Ingin Donor Darah? Pahami Terlebih Dahulu Syarat Donor Darah Berikut!

Darah merupakan salah satu komponen penting didalam tubuh. Darah tidak bisa dibuat atau diciptakan oleh manusia meskipun menggunakan teknologi secanggih apapun. Oleh karena itulah jika ada manusia yang mengalami kekurangan darah maka hanya bisa ditambah dengan cara donor darah dari orang lain yang memiliki golongan darah yang sama. Mendonasikan darah untuk orang yang membutuhkan adalah perbuatan mulia dan menjadi amal yang tak ternilai. Namun sebelum mendonorkan darah sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu tentang syarat donor darah.

Mendonorkan darah memiliki banyak sekali manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Kegiatan donor darah sebagai bentuk sosial untuk membantu sesame yang sedang membutuhkan. Dengan melakukan donor darah maka kesehatan pendonor juga jadi lebih terjaga. Hanya saja dalam melakukan donor darah ada beberapa hal yang harus dipahami, baik itu mengenai kesehatan pendonor maupun kecocokan darah tersebut.

Beberapa Syarat Donor Darah yang Sebaiknya Di Pahami

Perhatikan Kondisi Kesehatan Anda Sebagai Pendonor

Salah satu syarat donor darah yang harus diketahui oleh pendonor sebelum melakukan hal tersebut yaitu kondisi kesehatan tubuh. Periksa terlebih dahulu kesehatan tubuh dan pastikan tidak sedang mengidap salah satu penyakit. Dengan kata lain kondisi kesehatan tubuh harus dalam keadaan prima. Orang yang memiliki penyakit anemia biasanya tidak dianjurkan melakukan donor darah. Kondisi kesehatan tubuh harus benar-benar diperhatikan untuk melakukan donor darah.

Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Nah, untuk melakukan donor darah, Anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi dan sebaiknya hindari jenis makanan yang mengandung lemak. Hal ini sangat penting mengingat salah komposisi utama dari darah adalah zat besi.

Jangan Ragu Untuk Melakukan Donor Darah

Jika Anda memang seseorang yang sehat dan tidak mengalami penyakit tertentu maka jangan takut, jangan ragu untuk mendonorkan darah. Proses donor darah merupakan kegiatan sosial untuk saling membantu sesama. Jangan pernah merasa takut dengan jarum suntik karena biasanya alasan sebagian orang tidak mau melakukan donor darah karena takut dengan jarum suntik. Hilangkan ketakutan dan fokus untuk membantu orang lain.

Perbanyak Minum Setelah Melakukan Donor Darah

Beberapa saat setelah melakukan donor darah sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat. Istirahatlah terlebih dahulu untuk satu hari dan perbanyak minum air putih. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ataupun beralkohol karena hal ini akan membahayakan kesehatan Anda.

Itulah beberapa syarat donor darah yang harus Anda pahami sebelum melakukannya. Penjelasan diatas hanya sebagian kecil saja dari syarat untuk donor darah. Masih banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan donor darah. Rentan waktu untuk kembali melakukan donor darah adalah sekitar 8 minggu atau lebih.

Agar bisa membantu sesama dengan donor darah sebaiknya jaga kesehatan Anda dengan pola hidup sehat, pola makan sehat dan bergizi. Hindari konsumsi makanan yang mengandung bahan atau zat-zat berbahaya. Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol karena sebenarnya alkohol tidak baik untuk kesehatan darah Anda dan berisiko terhadap kesehatan dalam jangka panjang.

Untuk menjaga kestabilan dan dan tekanan darah, sesekali lakukan olahraga ringan secara teratur. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk menjaga kesehatan Anda sehingga terhindar dari risiko penyakit seperti serangan jantung, stroke dan lainnya. Semoga ulasan artikel ini menjadi referensi yang bermanfaat untuk Anda!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517