Anda Gemar Bersepeda? Ini Dia Tips Untuk Ibu Hamil yang Bisa Anda Ikuti

Tips untuk ibu hamil. Bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan kapan saja. Bahkan kegiatan bersepeda bisa menjadi salah satu cara dalam menerapkan pola hidup sehat, terlebih lagi jika kegiatan tersebut dilakukan secara rutin dan teratur. Namun apakah boleh kegiatan bersepeda dilakukan pada waktu hamil?

Menurut ahli kesehatan mengemukakan bahwa kegiatan bersepeda masih diperbolehkan untuk ibu hamil dengan catatan kondisi ibu hamil dan janin memungkinkan untuk melakukan kegiatan tersebut. Hal penting yang harus diperhatikan yaitu faktor keamanan untuk menghindari resiko terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Intensitas bersepeda dan tempat perlu mendapat perhatian penting.

Nah, Berikut Ini Tips Aman Bersepeda Untuk Ibu Hamil:

  1. Sebelum melakukan kegiatan bersepeda, periksa terlebih dahulu kondisi sepeda yang akan Anda gunakan. Pastikan sepeda aman untuk digunakan sehingga hal ini akan mencegah resiko kecelakaan yang bisa membahayakan keselamatan Anda dan janin. Periksa juga kondisi rem dan pastikan bahwa bagian tersebut berfungsi dengan baik.
  2. Lakukan peregangan terlebih dahulu sebelum bersepeda supaya otot-otot tidak kram ketika Anda mengayuh sepeda.
  3. Gunakan sadel sepeda dengan ukuran yang lebih lebar sehingga bagian bokong tidak mudah sakit. Sebab jika sadel terlalu sempit akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan menghambat aliran darah.
  4. Bawalah air minum selama Anda melakukan kegiatan bersepeda. Hal ini untuk mencegah resiko dehidrasi dan kelelahan yang bisa membahayakan janin.
  5. Lakukan kegiatan bersepeda pada pagi hari sebelum terik matahari. Idelanya bersepeda dilakukan sekitar jam 6 hingga jam 8 supaya belum terlalu panas dan masi segar.
  6. Setelah bersepeda, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi.
  7. Jangan melakukan kegiatan bersepeda pada sore hari karena beresiko menyebabkan Anda kelelahan.
  8. Perhatikan posisi tubuh ketika bersepeda dan usahakan supaya tidak terlalu membungkuk. Hal ini karena bisa menyebabkan rasa nyeri pada bagian tulang bagian bawah yang berakibat hilangnya keseimbangan.
  9. Hindari jalan berlubang dan terjal yang bisa menyebabkan guncangan karena bisa mengakibatkan kontraksi serta beresiko terjatuh. Selain itu Hindari juga jalan menanjak.
  10. Jangan mendengarkan musik dengan headset sebab bisa membuat fokus Anda terpecah atau kurang waspada.
  11. Jika usia kehamilan Anda sudah semakin besar maka sebaiknya kurangi aktivitas tersebut karena terlalu beresiko. Sebaiknya lakukan kegiatan bersepeda stastis indoor saja.

Apabila Anda merasakan keluhan setelah melakukan kegiatan bersepeda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Terlebih lagi jika Anda merasakan adanya kontraksi setelah bersepeda. Biasanya keluhan yang dirasakan berupa mual, pusing dan jantung berdebar. Cobalah atur nafas dan konsumsi air putih secukupnya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This