Anak Tidak Mau Makan Nasi, Apa Alasannya?

Banyak diantaranya ibu-ibu yang mengeluhkan kalau anak tidak mau makan nasi. Dimisalkan, si kecil yang hanya mau makan mie instan atau bahkan bubur instan tanpa mau makan nasi dalam bentuk olahan seperti apapun. Dan mungkin saja hal ini juga terjadi pada Anda.

Jika hal tersebut terjadi, hal apa yang harus di lakukan agar si kecil mau kembali makan nasi. Dan apakah kita harus membiarkan si kecil memiliki kebiasaan seperti itu? Jelas saja tidak. Lantas, bagaimana caranya agar si kecil kembali mau makan nasi? Anda tidak perlu merasa khawatir, karena kami memiliki solusinya.

Dari beberapa sumber yang kami baca, ada beberapa faktor yang menyebabkan si kecil tidak mau makan nasi, dan salah stau yang menarik yaitu ungkapan dari Dr Damayanti R syarif, yang dilansir dari tabloid nova.

Dan prinsipnya yaitu ada sebab juga ada akibat, dan begitulah kira-kira agar Anda sebagai orangtua bisa membujuk si kecil agar ia mau kembali makan nasi. Maka dari itu, untuk membujuknya, kita sebagai orangtua harus mengetahui terlebih dahulu karakter yang dimiliki oleh si kecil, dan kita cari terlebih dahulu apa penyebab sehingga anak tidak mau makan nasi, lalu barulah kita mengambil solusi untuk mengatasinya.

Pada dasarnya, ada dua alasan mengapa anak tidak mau makan nasi. Maka dari itu, kita sebagai orangtua harus benar-benar jeli dalam memahami kedua hal tersebut. Apa sajakah itu, berikut ulasannya:

1. Proses dalam pemberian makan pada anak

Dalam proses pemberian makanan pada si kecil, Anda disarankan untuk memberikannya secara bertahap. Misalkan, di usia bayi sampai usianya menginjak 4 bulan, sebaiknya si kecil diberikan ASI eksklusif. Dan selanjutnya, dari usia 4-6 bulan si kecil bisa diberikan susu tambahan atau susu formula. Dan di usia 6 bulan, Anda bisa mengenalkannya makanan padat atau MPASI dengan tekstur yang lembut dan sedikit cair.

Dan tahapan selanjutnya, ketika si kecil menginjak usia 9 bulan, Anda bisa mengenalkannya dengan makana yang memiliki tekstur sedikit padat, seperti nasi tim yang Anda campurkan dengan beberapa jenis makanan lainnya. Barulah, setelah usianya menginjak usia 1 tahun, bunda dianjurkan untuk memberikan makanan keluarga, namun masih dalam tekstur yang lunak dan memiliki rasa yang cocok untuk di berikan kepada si kecil.

Uraian di atas juga merupakan fase dalam pertumbuhan bayi, karena dalam fase tersebut, kita sebagai orangtua melatih keterampilan si kecil. Karena bagaimanapun juga, melatih mengenal makanan merupakan satu hal yang sama dengan Anda ketika melatih si kecil berjalan.

Dan jika Anda melatih keterampilannya dengan cara yang kasar, maka kemungkinan besar si kecil bisa mengalami trauma akan hal tersebut. Dan inilah salah satu penyebab anak tidak mau makan nasi.

2. Karena pada dasarnya anak tidak suka nasi

Untuk beberapa kasus, bisa jadi si kecil tidak mau makan nasi tanpa adanya alasan yang jelas, dan karena mereka benar-benar tidak menyukai nasi. Toh ketika kita menyuapainya makanan lain seperti roti, bubur, mie instan, atau bahkan kentang si kecil tetap mau melahapnya.

Maka dari itu, ketika Anda mengahadapi anak seperti ini, maka Anda di tuntut untuk lebih berkreasi dalam memilih dan membuat makanan untuk si kecil, agar kebutuhan gizi juga nutrisinya masih bisa Anda penuhi walaupun tanpa memberikannya nasi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517