Anak Terlambat Bicara? Pahami Penyebabnya

Sangat jarang para orangtua yang langsung tanggap ketika melihat kalau si kecil menunjukkan tanda-tanda anak terlambat bicara. Padahal umumnya tanda-tanda tersebut cukup obvius, akan tetapi sangat di sayangkan, banyak diantaranya orangtua yang memang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut.

Apakah terjadinya anak lambat bicara terjadi pada buah hati Anda? Guna menjawab pertanyaan tersebut, maka setidaknya Anda harus benar-benar mengetahui langkah-langkah speech skill si kecil dari waktu ke waktunya. Jika ketika telah mencapai usia tertentu si kecil masih belum menunjukkan tanda-tanda yang seharusnya, maka kemungkinan besar si ekcil mengalami kelainan yang berupa delayed speech.

Speech skill yang terjadi pada anak-anak umumnya akan mereka tunjukkan ketika usia mereka menginjak 12 bulan. Dan di usia ini, si kecil seharusnya sudah memiliki kemampuan dalam mengucapkan kata-kata yang memang terdiri dari satu atau dua suku kata. Dimisalkan “mama” atau bahkan “papa”.

Bukan hanya berkata-kata, umumnya si kecil juga telah mampu dalam menggunakan gesture tubuhnya guna melambaikan tangan atau bahkan berjabat tangan dengan orang lain. Bahkan mereka juga telah memapu merespon adanya larangan dari orang terdekat mereka. Dimisalkan ketika Anda sebagai orangtua berkata “jangan”, maka mereka dapat memahami maksud dari apa yang Anda ucapkan.

Namun, jika si kecil tidak menunjukkan tanda-tanda tersebut, bahkan si kecil tidak mampu berkata sepatah katapun walaupun usianya sudah 12 bulan, maka di pastikan ada yang salah dengan si kecil.

Sedangkan di usia si kecil yang memasuki usia 18 bulan, si kecil harus sudah mampu menguasi paling tidak 6 kata yang sederhana. Bahkan di usia ini, si kecil juga harus sudah mampu mengenal beberapa anggota tubuh mereka juga menunjukkannya ketika Anda meminta mereka untuk menunjukkannya.

Bahkan di usia ini, seharusnya si kecil juga mampu berusaha untuk berkomunikasi dengan Anda ketika mereka membutuhkan atau bahkan menginginkan sesuatu. Dan jika si kecil masih belum menunjukkan tanda-tanda yang seharusnya di usianya yang memasuki usia 18 bulan, maka ada yang salah dengan bayi Anda, bisa jadi anak telat bicara.

Ketika si kecil menginjak usia 24 bulan, tanda-tanda apa saja yang seharusnya di tunjukkan si kecil? Nah, ketika si kecil menginjak usia 2 tahun atau 24 bulan, maka umumnya di usia ini si kecil sudah harus mampu merespon perintah sederhana yang Anda tunjukkan kepada mereka, maka dnegan mudah si kecil akan memberikan respon akan perintah Anda. Bukan yhanya itu, dengan mudah si kecil juga akan menirukan apa yang memang di katakan oleh orang dewasa yang memang berada di sekitar mereka. Dalam hal ini sebaiknya Anda mencari cara merangsang anak bicara supaya perkembangan si kecil tidak terganggu. Namun jika si kecil tidak menunjukkan tanda-tanda bisa mulai bicara, maka segeralah konsultasikan hal ini kepada dokter.

Related Posts

Share This