Anak Mimisan TIba-tiba, Gejala Penyakit Atau Alergi?

Anak mimisan secara tiba-tiba tanpa adanya satu penyebab atau alasan yang jells? Bunda tidak usah khawatir, karena belum tentu hal ini merupakan pertanda bahwa si kecil terserang penyakit anak. Karena dokter juga mengungkapkan bahwa penyebab yang paling umum ketika si kecil sering mimisan secara tiba-tiba merupakan satu kondisi dimana pembuluh darah si kecil yang masih rapuh.

anak mimisan

Dr Mahatma T Bawono, SpTHT-KL yang berasal dari Rumah Sakit Akademik FK UGM mengungkapkan bahwa anak sangat rentan terhadap mimisan yang terjadi secara tiba-tiba, karena pada kenyataannya pembuluh darah yang dimiliki oleh si kecil belum sepenuhnya kuat. Dan hal ini yang menyebabkan darah akan mudah pecah sehingga darah yang pecah tersebut akan keluar melalui lubang hidung si kecil secara tiba-tiba, hal ini akan terjadi ketika si kecil mengalami kelelahan atau bahkan memiliki alergi.

Dr Bawono mengungkapkan, “penyebab mimisan pada anak ini biasanya karena pembuluh darahnya belum kuat sehingga rentan pecah. Kondisi ini bisa diperburuk kalau anak punya alergi yang menyebabkan dia pilek terus jadi bersin-bersin. Nah, ini akan meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah.”

Biasanya mimisan yang terjadi pada si kecil bukan merupakan bentuk gejala yang berbahaya. Bahkan Dr Bawono juga menjelaskan, bahwa biasanya mimisan yang terjadi pada si kecil hanya akan berlangung selama 1-3 menit saja. Bahkan darah yang keluar dari hidung si kecil pun tidak terlalu banyak. Sehingga jika bunda langsung memberikan pertolongan kepada si kecil yang mengalami mimisan, maka darah akan berhenti kluar dengan sendirinya.

Bukan hanya Dr Bawono, Dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SpA dari Siloam Hospital juga mengatakan, bahwa penyebab utama terjadinya mimisan pada si kecil yaitu karena si kecil memiliki dinding pembuluh darah yang sangat rapuh, dan ini merupakan faktor genetic. Dr Melisa juga mengungkapkan, bahwa sangat wajar jika si kecil yang memiliki kondisi seperti ini akan sangat mudah mengalami mimisan secara tiba-tiba, apalagi ketika si kecil tengah mengalami kelelahan yang diakibatkan terlalu banyak melakukan aktivitas.

“Mimisan itu ada dua macam atau dua jenis, yang pertama karena faktor keturunan atau genetik sehingga pembuluh darahnya itu rapuh dan mudah pecah. Kalau anak ini kecapean atau terlalu banyak beraktivitas sehingga dia letih nah dianggap ‘wajar’ kalau dia mimisan karena memang pembuluh darahnya itu rapuh dan gampang pecah,” ungkap Dr Melisa.

Akan tetapi, jika si kecil mengeluarkan darah dalam jumlah yang banyak dalam frekuensi lebih dari 3 menit, Dr Melisa mengungkapkan bahwa sudah sepantasnya bunda mencurigai bahwa si kecil memiliki penyakit kelainan terhadap pembekuan darah atau lebih di kenal dengan hemofilia. Dan jika si kecil memiliki penyakit jenis ini, si kecil tidak hanya akan mengeluarkan darah secara tiba-tiba dari dalam hidungnya, namun ia juga akan mengeluarkan darah di beberapa tempat tertentu, dan itulah cara mimisan.

“Mimisan karena adanya penyakit kelainan di dalam darah misalnya kelainan pada trombosit dan adanya pembekuan darah atau hemofilia. Untuk mimisan jenis ini biasanya mimisan juga disertai dengan pendarahan di tempat lain seperti di gusi dan adanya bintik-bintik merah di pipi,” terang Dr melisa kembali.

Related Posts

Share This