Anak Anda Susah Diatur? Berikut Tips Jitu Untuk Mengatasinya

Momen yang paling membahagiakan bagi setiap orangtua adalah menyaksikan setiap tahap perkembangan anak. Anda akan disuguhkan dengan berbagai tingkah laku si kecil yang sangat menggemaskan di setiap tahap tumbuh kembangnya. Pada usia 2 – 3 tahun, si kecil tumbuh dengan kepribadian yang akan membuat Anda kagum. Rasa ingin tahu si kecil akan hal baru dan dunia luar sangat tinggi pada tahapan ini.

Anak Anda Susah Diatur

Seiring dengan bertambahnya usia si kecil maka Anda akan menyaksikan pribadi anak yang agresif, hiperaktif dan bahkan menjadi sosok yang susah untuk diatur. Anda tidak perlu cemas dengan sikap si kecil yang cenderung berubah-ubah karena hal tersebut bersifat wajar dalam tahap perkemabangannya. Peran penting Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan untuk mengajarkan batas kewajaran pada si kecil.

Karakter anak yang susah diatur dan cenderung menjadi seorang yang pemarah sebaiknya jangan di sikapi terlalu berlebihan atau memarahinya. Anda sebagai orangtua harus intropeksi diri dan mencari hal yang menyebabkan si kecil bersikap seperti itu. Biasanya sikap berontak dari seorang anak adalah sebagai bentuk protes dari adanya hal yang membuatnya tertekan. Memarahi anak yang sulit diatur bukanlah solusi yang tepat, justru akan membuatnya semakin berontak.

Tips Jitu Menghadapi Anak Yang Susah Diatur

  • Pendekatan secara halus

Langkah pertama untuk menyikapi anak yang susah diatur yaitu dengan melakukan pendekatan secara halus dan memberikan nasihat. Pada waktu si kecil rewel sebaiknya Anda jangan menanggapinya secara berlebihan atau terlalu keras karena cara tersebut tidak akan membuat si kecil tenang. Sebaiknya Anda menenangkan si kecil dengan melakukan pendekatan secara halus dan berikan nasihat. Selain itu Anda juga harus bersikap konsisten ketika melarang dan menerapkan peraturan untuk si kecil. Secara perlahan si kecil akan terbiasa dan tidak lagi menjadi pribadi yang membangkang.

  • Menetapkan peraturan khusus

Supaya si kecil bisa diatur dan berhenti untuk bersikap nakal sebaiknya Anda menetapkan peraturan khusus yang memberikan batasan secara wajar untuk si kecil. Namun sebelum Anda menetapkan peraturan tersebut sebaiknya mendiskusikan terlebih dahulu dengan anak. Peraturan tersebut harus memiliki konsekuensi sehingga si kecil tidak akan mempunyai keberanian untuk melanggarnya. Disamping itu, Anda juga harus memberikan penghargaan terhadap si kecil ketika melakukan hal baik. Penghargaan berupa pujian akan membuat si kecil terpacu untuk senantiasa bersikap baik.

  • Bersikap tegas dan tekad yang kuat

Anda harus bersikap tegas dan menunjukann tekada yang kuat dalam menerapkan peraturan untuk si kecil. Dalam hal ini konsistensi Anda sangat diperlukan untuk menjauhkan si kecil dari hal-hal buruk. Apabila Anda menunjukan sikap yang tegas dan konsistensi yang bagus maka secara perlahan si kecil tidak akan lagi menjadi seorang pembangkang. Si kecil akan lebih mudah untuk diatur dan diarahkan untuk melakukan hal-hal yang baik.

  • Jangan terlalu memanjakan si kecil

Perilaku si kecil yang susah untuk diatur pada dasarnya berawal dari kebiasaan orangtua yang terlalu menanjakan sehingga anak merasa bebasa untuk melakukan apapun. Oleh karena itu dalam mendidik si kecil sebaiknya Anda menerapkan pola pengasuhan penuh kasih sayang dengan ketegasan dan batasan yang tidak membuat si kecil terlalu di manjakan. Pendidikan dasar yang tepat akan membentuk kepribadian anak yang memiliki perilaku baik ketika tumbuh dewasa.

Related Posts

Share This