Amazing!! Merpati Ini Ahli Mendeteksi Kanker Payudara

Untuk menjadi seorang dokter, apalagi seorang dokter spesialis radiologi yang pastinya bisa akurat dalam mendeteksi kanker di butuhkannya pelatihan atau bahkan sekolah selama bertahun-tahun. Namun beda halnya dengan burung merpati, sepertinya melihat kanker yang ada di dalam tubuh kita melalui dari hasil scan merupakan hal yang mudah.

Sebuah study terbaru yang memang sudah di lakukan oleh para peneliti menunjukkan hal yang sangat menakjubkan, pasalnya burung merpati memiliki kemampuan visual memori yang sangat luar biasa, yang memang hampir sama dengan manusia. Dan mungkin saja, hal ini yang menjelaskan mengapa burung merpati mampu mendeteksi kanker payudara dengan sangat akurat, ketika mereka di perlihatkan dengan hasil scan.

Dr Richard Levenson dari University of California Davis Medical Center yang memimpin penelitian ini menjelaskan, bahwa merpati yang dites sebelumnya memang sebelumnya sudah di latih terlebih dahulu selama beberapa hari untuk mendeteksi gambar kanker payudara. Namun walaupun seperti itu, ia tetap terkejut dengan hasil yang di perolehnya, karena hasil menunjukkan bahwa ternyata merpati tersebut sangat akurat dalam mendeteksi sel kanker payudara yang ada di dalam tubuh seseorang.

Tes ini juga di lakukan dengan cara memperlihatkan kepada merpati yang sebelumnya telah di latih untuk melihat set gambar payudara, di sana di perlihatkan gambar payudara yang biasa juga gambar payudara hasil rontgen. Setelah itu, burung tersebutpun kemduian akan memencet tombol gambar mana saja yang memang menunjukkan tanda atau gejala kanker payudara.

Untuk gambar biasa yang mana menunjukkan keadaan payudara yang berjaringan kanker serta yang tidak, seekor merpati ini mampu mendeteksi adanya kanker di payudara tersebut dengan akurasai sebesar 50% sebelum mereka di latih, dan terus meningkat hingga 85% setelah pelatihan di berikan kepada merpati tersebut selama 15 hari. Nah untuk foto rontgen sendiri, akurasi merpati sebelum mereka di latih hanya mampu mendeteksi sebesar 72%, dan meningkat kemampuannya menjadi 85% setelah merpati dilatih.

Baca Juga:  Gejala Awal HIV Dapat Dilihat Dari Dalam Mulut Anda

“Mereka ternyata seorang patolog yang sangat baik,” kungkap Levenson seperti yang dikutip dari health.detik (21/11/2015).

Dalam laporannya dalam sebuah jurnal PLOS ONE Levenson juga memberikan sebuah catatan, bahwa ketika warna juga tingkat keterangan warna di ubah, kemampuan dari merpati itu juga akan terpengaruh.

Menurut Levenson, sebagai seorang penguji untuk sebuah teknologi baru, bantuan dari seekor burung merpati juga mungkin bisa di coba. Hal ini dikarenakan, sampai saat ini sangat sulit untuk merekrut ahli patologi serta ahli radiologi manusia yang memang mampu melihat banyak gambar guna memberikan masukan kepada teknologi terkait.

“Sepertinya masuk akal mengatakan bahwa para burung ini bisa menjadi pengganti yang bagus dan melakukan beberapa pekerjaan itu untuk kami,” ungkap Levenson.

“Kalau Anda memberi saya 10 gambar (untuk dikaji -red) saya masih tak apa-apa. Tapi jika Anda memberikan saya 10 ribu gambar saya pasti akan kesal. Burung di lain sisi tak akan kesal,” tambahnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517