Amankah Terapi Ear Candle Untuk Anak?

Ear candle, merupakan salah satu teknik yang di gunakan untuk membersihkan rongga telinga, dengan cara memasukkan lilin yang memiliki rongga kerucut yang kemudian di suluti dengan api dan memasukkannya ke dalam telinga. Terapi jenis ini telah marak di mana-mana, dan telah banyak di kenalorang. Namun, bunda harus tahu, kalau terapi jenis ini tidaklah baik untuk bunda terapkan kepada si kecil, bukan hanya mampu menyebabkan cedera yang cukup serius, pengobatan atau terapi dengan cara ini dianggap sebagai teknik pengobatan yang tidaklah efektif dalam kondisi seperti. Dan ternyata, terapi seperti ini bukan hanya tidak baik untuk si kecil, melainkan tidak baik pula untuk orang dewasa.

ear candle

Ear candle atau alat pembersih telinga ini disebut-sebut mampu menarik semua kotoran yang ada di dalam rongga telinga. Bahkan ada pula yang menyebutkan bahwa cara yang satu ini juga bisa mengobatai masalah pendengaran. Namun pada kenyataannya tidaklah seperti itu, masih banyak para ahli yang meragukan kebenaran dari terapi yang satu ini.

Ada salah satu penelitian yang menunjukkan, bahwa bagaimanapun juga cara atau tekni terapi dengan cara ini bukanlah cara yang baik atau efektif untuk menghilangkan kotoran yang ada di dalam telinga. Parahnya lagi, ear candle ini justru mampu mendorong kotoran masuk ke dalam telinga lebih dalam, dan pastinya itu akan sangat berbahaya bagi si kecil.

Dilaporkan juga dari Alt Medicine, sebuah penelitian yang memang diterbitkan langsung dalam jurnal Laryngoscope menyebutkan, bahwa terapi dengan ear candle ini bisa menyebabkan lilin tertinggal di dalam telinga, dan kotoran yang ada di dalam rongga telinga bisa semakin masuk ke dalam. Alih-alih membersihkan kotoran yang ada di dalam telinga, namun terapi ini justru bisa menyebabkan masalah baru pada telinga si kecil.

Bukan hanya itu, pembersih telinga ini juga ternyta menggunakan api, dan berresiko besar terjadinya luka bakar pada wajah si kecil, rambut, kulit kepala si kecil, gendeng telinga, juga bahkan telinga bagian tengah. Bukan hanya itu, bentuk lilin ini yang menyerupai kerucuk juga bisa menyebabkan gendeng telinga si kecil menjadi terluka yang dikarenakan oleh tusukan dari lilin yang di gunakan tersebut.

Oleh karena itu, Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika (FDA) menyarankan kepada seluruh bunda ataupun masyarakat agar mempertimbangkan kembali ketika bunda hendak menggunakan terapi ini untuk membersihkan kotoran si kecil. Jika memang perlu untuk di bersihkan lubang telinga yang tersumbat, alangkah lebih baik lagi jika bunda mengkonsultasikannya kepada dokter atau ahli yang memang sudah terpercaya, agar si kecil bisa mendapatkan pengobatan yang jauh lebih aman dan efektif jika di bandingan dengan terapi dengan menggunakan lilin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517