Amankah Penggunaan Car Seat Anak?

Mengajak si kecil jalan-jalan merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan dalam  mengisi waktu liburan. Selain untuk melepas penat, aktivitas liburan bertujuan untuk mengenalkan dunia baru pada anak. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mengajak si kecil bepergian sebaiknya memperhatikan beberapa hal terkait kenyamanan waktu di perjalanan. Salah satunya yaitu pertimbangan mengenai penggunaan car seat anak.

Perjalanan jauh yang menghabiskan waktu berjam-jam tentunya membutuhkan persiapan alat yang bisa mendukung kenyamanan dan keamanan untuk anak. Kebanyakan orangtua lebih memilih untuk menggunakan car seat sehingga tidak perlu menggendon si kecil ketika berada di dalam mobil. Namun amankah penggunaan car seat untuk anak?

Car seat bisa digunakan pada anak selama menempuh perjalanan jauh. Car seat akan sangat berguna jika digunakan dengan benar sesuai dengan usia anak. Dalam hal ini penting sekali untuk memperhatikan tingkat kenyamanan dan keselamatan anak ketika menggunakan car seat. Car seat menggunakan bahan dan ukuran yang mberbeda-beda sehingga harus disesuaikan dengan usia anak.

Penggunaan car seat untuk bayi hingga berusia 13 bulan dengan bobot tubuh 9 kg maka posisinya dihadapkan kebelakang. Sedangkan jika anak Anda berusia diatas 13 bulan dengan berat 9 – 18 kg maka sebaiknya dengan posisi duduk menghadap ke depan dengan kaki yang lebih nyaman.

Langkah dan Panduan Menggunakan Car Seat Untuk Anak

  1. Pastikan Posisi Duduk Yang Nyaman

Dalam menggunakan car seat pastikan bahwa tali pengaman yang terdapat pada car seat sejajar serta terpasang dengan nyaman. Pastikan tali pengaman sudah terpasang kuat dan tidak mudah terlepas supaya tidak membahayakan si kecil.

  1. Car Seat Pada Bagian Kursi Penumpang Depan

Anda bisa menggunakan car seat pada bagian kursi penumpang depan sebab pada bagian belakang air bag kurang mendukung. Pasang car seat dengan kemiringan 45 derajat sehingga hal ini akan membantu menghindari kesulitan bernafas pada anak.

  1. Pilihan Tali Pengaman Pada Car Seat

Pada saat menggunakan car seat, Anda dapat memilih tali pengaman lima sehingga akan membuat si kecil merasa lebih nyaman dalam menempuh perjalanan jauh. Pada dasarnya car seat bisa dipilih sesuai dengan kesukaan Anda namun tetap harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan anak.

Nah, demikian langkah dan panduan dalam menggunakan car seat selama menempuh perjalanan jauh bersama anak. Car seat aman digunakan untuk bayi dan anak batita dengan catatan memperhatikan faktor keselamatan dan kenyamanan pada waktu penggunaannya. Jangan sembarangan memilih car seat hanya karena bentuknya bagus.

Car seat sebaiknya hanya digunakan ketika perjalanan yang Anda temouh cukup jauh. Jika hanya beberapa kilometer saja sebaiknya si kecil digendong saja jangan diletakkan sendiri di kursi bagian belakang. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This