Amankah Minum Teh Saat Hamil?

Ketika masa kehamilan, sangat tidak dianjurkan Anda untuk minum teh saat hamil. Mengapa? Karena teh memiliki kandungan kafein yang memang bisa dengan mudah melintasi dinding plasenta, bahkan teh juga bisa meningkatkan resiko terjadinya keguguran pada janin yang ada di dalam kandungan jika di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

bolehkah ibu hamil minum teh

Selama masa kehamilan, pastinya Anda sebagai ibu hamil akan mencoba segala cara agar bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan tetap terjaga kesehatnnya. bahkan bagi sebagian besar orang, kerap menghindari minuman yang mengandung kafein termasuk meminum teh saat hamil. Akan tetapi, ada juga beberapa diantaranya yang tetap beranggapan bahwa mengkonsumsi teh saat hamil tidak akan berersiko besar kepada janin yang ada di dalam kandungan yang tengah berkembang. Walaupun teh memiliki kandungan kafein, namun teh dianggap merupakan salah satu jenis minuman kesehatan, karena memiliki kandungan antioksidan.

Bukan hanya itu, hal ini terjad karena tidak adanya konsensus yang mengutarakan efek berbahaya dari kafein yang ada di dalam teh terhadap janin yang ada di dalam kandungan yang tengah berkembang. namun pada umumnya, ibu yang tengah menjalankan masa kehamilannya harus menghindari asupan kafein guna menjaga kesehatan ibu juga janin yang ada di dalam kandungan.

Lantas, bolehkah ibu hamil minum teh? Pada dasarnya minuman yang memiliki kandungan kafein merupakan salah satu syimulan, zat psikoaktif yang memang bekerja terhadap sistem saraf pusat guna meningkatkan tingkat kewaspadaan. Bahkan hal ini juga mampu meningkatkan detak jantung serta laju metabolisme. Mengkonsumsi air teh yang memiliki kandungan kafein ini, jika di konsumsi secara teratur bahkan dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan sakit kepala bagi ibu hamil serta menyebabkan insimnia. karena kafein memiliki sifat diuretik, yakni sifat yang mampu menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi secara berlebihan. Selama kehamilan, Anda sangat perlu untuk tetap terhidrasi dengan cara yang baik serta dianjurkan untuk membatasi asupan kafein, terutama selama masa kehamilan.

Baca Juga:  Ini Dia 4 Jenis Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Bukan hanya itu, ternyata minuman yang memiliki kandungan kafein dalam jumlah tinggi ternyata bisa memberikan pengaruh yang buruk terhadap janin yang ada di dalam kandungan. Dan hal ini bisa meningkatkan detak jantung janin serta mampu mempengaruhi pola tidur serta pola gerak janin yang ada di dalam kandungan. Bukan hanya itu, kafein juga bisa membuat pembuluh darah menjadi sempit serta mampu mengurangi pasokan darah ke plasenta. Jika kafein ini di konsumsi dalam jumlah yang berlebihan, maka kafein juga bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil, berat badan bbayi ketika lahir sangat rendah, bahkan bisa menyebabkan bayi lahir dalam keadaan mati. Bayi di dalam kandungan sepenuhnya belum mampu memetabolisme kafein serta akan tetap berada di dalam aliran darah bayi untuk waktu yang lebih lama.

Nah oleh karena itu, sebaiknya ibu hamil harus menghindari untuk mengkonsumsi kafein, apalagi dalam jumlah yang banyak. Mengapa? Karena kafein sangat berbahaya untuk kesehatan ibu juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517