Amankah Ibu Hamil Memakai Lensa Kontak?

Tetap tampil cantik selama menjalani masa kehamilan memang bukan hal yang dilarang. Yang terpenting perawatan kecantikan tersebut tidak akan mempengaruhi kesehatan janin. Hindari produk perawatan yang mengandung bahan kimia sebab bisa memberikan dampak negatif untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Lalu amankah jika ibu hamil menggunakan lensa kontak?

Memang bukan hal yang aneh lagi jika banyak wanita yang lebih nyaman menggunakan lensa kontak dibandingkan dengan kacamata. Lensa kontak terlihat lebih simple dan modis sehingga meningkatkan rasa percaya diri. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan lensa kontak ketika hamil sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu dampak negatifnya untuk kesehatan.

Pada saat ini nampaknya penggunaan lensa kontak sudah menjadi kebiasaan dan gaya hidup baru bagi kebanyakan wanita. Jika tidak bijak dalam menggunakan lensa kontak maka hal ini sangat beresiko terhadap kesehatan mata. Pada kondisi yang lebih parah bisa menimbulkan iritasi pada mata. Selain itu, penggunaan lensa kontak yang melebihi batas waktu bisa menyebabkan kerusakan pada korne mata.

Ibu hamil cenderung mengalami berbagai macam perubahan yang bersifat fisik. Tak terkecuali perubahan pada kornea dan ukuran mata. Keluhan yang mungkin dialami oleh ibu hamil yaitu perubahan visus sehingga mata terasa kering. Nah, pada kondisi ini sebenarnya penggunaan lensa kontak tidak tepat.

Adanya perubahan hormone pada kehamilan yang akan menyebabkan lensa kontak bermasalah ketika digunakan. Dalam hal ini yang perlu Anda ketahui adalah perubahan hormone dan terjadi fluktuasi terhadap tekanan darah pada mata.

Berikut Ini Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Lensa Mata Pada Ibu Hamil

Ibu hamil tidak dilarang menggunakan lensa kontak dengan catatan tidak melebihi batasan yang seharusnya. Dalam hal ini diperlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk meminimalisir resiko yang mungkin terjadi. Diperlukan pemriksaan terlebih dahulu terhadap kondisi kesehatan mata sebelum akhirnya dipasang lensa kontak.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu sebagai berikut:

  1. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan lensa kontak sebaiknya memilih jenis harian sehingga mata bisa beradaptasi dengan baik.
  2. Usahakan penggunaan lensa kontak ketika kondisi hormone kembali normal.
  3. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum lensa kontak dipasang.
  4. Perhatikan tanggal kadaluarsa dan gunakan cairan pembersih sebelum digunakan.
  5. Hindari kebiasaan mengucek mata.
  6. Ketika memasang lensa kontak, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih.
  7. Jika mata terasa kering, gunakanlah tetes mata.
  8. Jika menggunakan make up, gunakan lensa kontak terlebih dahulu sebelum make up untuk menjamin kebersihan tangan ketika menyentuh lensa kontak.
  9. Lakukan konsultasi secara rutin dengan dokter setelah penggunaan lensa kontak.

Menggunakan lensa kontak pada waktu hamil memang tidak ada larangan, namun dalam hal ini Anda sebaiknya mempertimbangkan terlebih dahulu. Jangan sampai penggunaan lensa kontak mengganggu kesehatan Anda pda waktu hamil.

Related Posts

Share This