Amankah Hamil Muda Naik Pesawat?

Ketika Anda tengah mengandung, dan ketika itu Anda dan keluarga tengah merencanakan suatu liburan atau bahkan adanya kunjungan dinas yang mengharuskan Anda menggunakan pesawat, pastinya Anda tidak perlu khawatir. Mengapa? Karena di dalam ahli medis, tidak ada larangan bagi ibu yang tengah hamil berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, namun walaupun demikian, ada beberapa hal yang tetap harus di perhatikan dengan baik ketika hamil muda naik pesawat. Apalagi mengingat banyaknya keluhan yang kerap di rasakan oleh ibu hamil.

hamil muda naik pesawat

Menurut American Collage of obstetrician and Gynecologist (ACOG) salah satu organisasi kebidanan juga kandungan di Amerika Serikat mengutarakan, bahwa perjalanan ibu hamil naik pesawat masih bisa dikategorikan aman, namun hal ini dikatakan aman jika perjalanan yang dilakukan oleh ibu hamil tidak sering selama masa kehamilan, bahkan ketika bumil akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, maka bumil harus mempertimbangkan usia kandungan atau kehamilan yaitu dibawah usia 36 minggu serta tidak adanya komplikasi terhadap kehamilan. Nah, kebijakan selanjutnya di utarakan oleh International Air Transports Association (IATA) yaitu salah satu organisasi perdagangan internasional yang mana meliputi maskapai penerbangan sunia yang menyatakan bahwa seorang ibu hamil bisa berpergian dengan menggunakan pesawat, selama ini bisa mempertimbangkan riwayat kesehatan juga kehamilan sebelumnya, dan setelah itu yang tidak kalah pentingnya yaitu bumil juga harus memperhatikan kehamilan kembar, karena kehamilan kembar memiliki resiko yang sangat tinggi ketika akan menggunakan pesawat, dan yang terakhir bumil harus bisa mempertimbangkan usia kehamilan bumi. Denagn demikian, seorang ibu hamil masih bisa menggunakan pesawat ketika tanpa adanya komplikasi terhadap kehamilan, kehamilan yang tunggal, serta usia kehamilan yang masih 36-38 minggu dengan syarat waktu penerbangan tidak lebih dari 4 jam.

Walaupun beberapa kebijakan menyebutkan bahwa sangat aman naik pesawat saat hamil, namun tetap Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh Anda sendiri, karena kondisi kesehatan setiap ibu hamil sangat berbeda-beda. Sehingga bagi ibu hamil yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang, Anda harus memastikan kalau usia kehamilan Anda tanpa adanya keluhan yang serius.

Di trimester pertama masa kehamilan, telah dinyatakan aman ketika Anda akan menggunakan pesawat, namun dalam syarat Anda sebagai ibu hamil tidak mengalami mual yang disertai dengan muntah yang berlebihan atau bisa kita sedbut dengan morning sickness juga kelelahan. Ketika banyaknya keluhan yang kerap di alami di trimester pertama namun Anda tetap harus melakukan perjalanan menggunakan pesawat, maka sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kandungan. Sedangkan untuk kehamilan trimester kedua dan selanjutnya, ibu hamil akan benar-benar di nyatakan aman untuk berpergian dengan menggunakan pesawat.

Nah, Anda telah tahu kan jawabannya, bahwa naik pesawat saat hamil memang diperbolehkan dan dinyatakan aman. Dan hal yang harus bumil perhatikan oleh bumil ketika menggunakan pesawat bukanlah karena adanya resiko terkena radiasi dari mesin x ray, akan tetapi yang harus di perhatikan yaitu kondisi kesehatan yang memang akan terjadi selama proses perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517