Alergi Susu Sapi Pada Bayi? Atasi Dengan Cara Ini!

Hai bunda! Apakah bunda tahu, kalau banyak diantaranya bayi yang memang bisa mengalami alergi susu sapi pada bayi. Alergi ini terjadi dikarenakan adanya sistem pertahanan tubuh si kecil yang melakukan perlawanan atau reaksi terhadap suatu hal, hal itu bisa saja protein ataupun zat-zat asing lainnya yang masuk kedalam tubuh. Dan akhirnya reaksi ini bisa disebut berlebihan.

Berdasarkan Dr Dinesh Banur pada laman daily.bhaskar.com, alergi susu sapi yang kerap terjadi pada bayi biasanya akan disebabkan ole protein yang terkandung di dalam susu sapi atau susu formula. Kandungan protein yang ada di dalam susu sapi mengandung satu bahan kimia yang memang bisa memicu reaksi alergi, bahkan kerap kali hal ini bisa membuat keadaan si kecil menjadi tidak nyaman.

Biasanya, bayi atau bahkan balita yang mengalami alergi terhadap susu sapi akan menunjukkan beberapa gejala, seperti reaksi yang terjadi pada kulit yang berupa ruam, gatal-gatal serta eksim. Bukan hanya itu, bahkan pada kasus alergi yang terjadi pada bayi yang cukup parah, biasanya akan memicu masalah pernapasan, seperti sesak nafas atau bahkan asma pada si kecil.

Namun bunda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Jika si kecil masih mengkonsumsi air susu ibu atau ASI, maka bunda harus mengusahakan agar tidak mengkonsumsi susu sapi atau bahkan mengkonsumsi makanan yang terbuat dari susu sapi, setidaknya selama satu minggu.
  2. Ketika si kecil mengalami alergi susu sapi, maka sebaiknya bunda juga jangan memberikan produk susu sapi atau bahkan prosuk susu lainnya pada bayi, paling tidak selama satu minggu atau bahkan lebih. Hal ini merupakan salah satu cara yang terbaik guna membuktikan apakah si kecil benar-benar memiliki alergi terhadap susu sapi atau tidak.
  3. Untuk bayi atau bahkan balita yang memiliki alergi terhadap susu sapi, maka bunda bisa mengganti asupan nutrisinya dengan bentuk susu kedelai, susu domba atau bahkan susu kambing.
  4. Dan jika bunda mencurigai kalau si kecil memiliki alergi susu sapi yang sudah akut, maka sebaiknya bunda segera mengkonsultasikan hal ini kepada dokter guna menangani hal yang satu ini.

Di samping itu, pastinya bunda juga membutuhkan saran dari dokter atau bahkan ahli gizi guna memastikan bahwa Anda membutuhkan jenis makanan yang memang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai pengganti susu sapi. Hal ini harus di lakukan agar kadar asupan nutrisi bunda setiap harisnya tidak terganggu.

Nah bunda, beberapa ulasan tadi hanyalah sekedar beberapa tips sederhana yang bisa bunda lakukan ketika si kecil di duga mengalami alergi terhadap susu sapi. Namun yang terpenting adalah, sebaik apapun kandungan yang ada di dalam susu sapi atau bahkan susu formula, setidaknya bunda masih memiliki susu alami yang jauh lebih baik untuk diberikan kepada si kecil, dan susu ini dijamin terbebas dari yang namanya alergi, yaitu air susu bunda sendiri.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517