Aktivitas Yang Paling Disukai Oleh Anak Usia Dua Tahun

Anak batita yang berusia dua tahun memiliki pergerakan yang semakin aktif. Kini mereka bisa berlari kesana kemari sehingga terkadang membuat pengasuhnya kewalahan. Selain itu, tangan mereka juga sudah semakin sibuk menyentuh berbagai macam mainan ataupun benda-benda yang ada di sekitarnya. Bermain dengan macam-macam mainan merupakan salah satu aktivitas favorit anak batita yang berusia dua tahun.

Perlu Anda ketahui bahwa mainan bukan hanya sekedar benda mati yang Anda berikan untuk membuat si kecil tenang. Akan tetapi mainan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan psikologis anak. Maka dari itu Anda sebagai orangtua harus memberikan jenis mainan yang edukatif bagi anak supaya membantu tumbuh kembang anak . Pada usia dua tahun ini ada beberapa jenis aktivitas dan permainan yang paling disukai oleh anak. Berikut ini ada beberapa contoh aktivitas yang disukai oleh si kecil ketika berusia dua tahun.

Anak Usia Dua Tahun

Permainan menyusun balok

Salah satu aktivitas favorit anak yang berusia dua tahun yaitu permainan menyusun balok. Batita suka sekali menumpuk balok sampai tersusun tinggi yang kemudian di runtuhkan kembali. Supaya anak tidak kesulitan dalam menggenggam balok tersebut, sebaiknya ukuran balok mainan yang Anda berikan tidak terlalu besar.

Permainan puzzle

Bermain dengan puzzle akan membuat anak Anda senang dan merasa tertantang. Anda bisa mendampingi mereka ketika melakukan permainan ini untuk memberikan arahan apabila kesulitan sehingga mereka tidak merasa frustasi. Biasanya permainan ini lebih disukai oleh anak batita yang berusia lebih tua.

Baca juga : Tips Mengasah Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan

 Bermain dengan buku

Anak batita yang berusia dua tahun mempunyai kebiasaan bermain dengan buku. Meskipun mereka belum mengerti dengan tulisan, tetapi membolak balik halaman buku adalah aktivitas yang menyenangkan bagi batita. Terlebih lagi kalau buku tersebut bergambar maka akan lebih menarik. Buku bergambar dengan berbagai macam warna bisa menjadi pilihan Anda untuk batita sebagai mainan edukatif dalam menstimulus tumbuh kembangnya.

Bermain dengan tutup botol

Permainan sederhana yang disukai oleh anak batita yaitu memutar dan melepas tutup botol. Cobalah berikan botol plastik yang bersih kemudian longgarkan tutupnya dan perhatikan bagaimana batita Anda berusaha melepaskan dan memasukannya kembali. Permainan ini untuk melatih otot jari tangan anak yang sudah pandai menggenggam sesuatu.

Bermain dengan tombol

Seiring dengan usianya yang semakin bertambah, kini si kecil menjadi seorang penjelajah yang mulai menyukai barang-barang yang memiliki tombol. Mereka merasa senang ketika menekan tombol ataupun memutar kenop. Anak batita biasanya akan tertarik dengan tombol ataupun kenop dari alat-alat elektronik seperti televisi dan radio. Anda harus senantiasa mengawasi pergerakan dan penjelajahan si kecil ketika menyentuh barang-barang tersebut supaya tidak merusaknya ataupun membahayakan keselamatan mereka.

Pada tahun kedua perkembangannya, banyak kemajuan yang dialami oleh anak Anda. Kini batita Anda sudah bergerak dengan sangat aktif sehingga membutuhkan pengawasan yang ekstra. Untuk mendukung tumbuh kembang batita menuju tahap selanjutnya sebaiknya Anda memberikan asupan makanan yang bergizi untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisinya.

Related Posts

Share This