Aktivitas Yang Disukai Oleh Bayi Ketika Berusia 5 Bulan

Ketika memasuki usia 5 bulan, perkembangan bayi berlangsung sangat pesat. Salah satunya yaitu dalam hal berkomunikasi. Pada usia 5 bulan bayi sudah memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara melalui bibir dan lidahnya. Suara yang paling umum akan terdengar yaitu suara bayi yang menggumam. Pada usia 5 bulan juga bayi sudah mempelajari dan berusaha untuk meniru suara-suara yang di dengarnya dari lingkungan sekitarnya.

Bayi 5 Bulan

Selain itu, pada usia 5 bulan bayi memiliki aktivitas favorit. Pergerakan bayi pada usia tersebut sudah sangat aktif. Bayi memiliki kebiasaan dalam berganti posisi seperti tengkurap dan terlentang. Selain itu, bayi juga meiliki kebiasaan untuk berguling kesana kemari. Nah, pada usia 5 bulan bayi harus benar-benar dijaga karena pergerakannya yang aktif sangat beresiko membuat bayi terjatuh.

Berikut ini aktivitas favorit bayi ketika berusia 5 bulan

  • Posisi kapal terbang

Posisi kapal terbang adalah posisi yang menyerupai tengkurap. Anda bisa memposisikan bayi dalam keadaan tengkurap. Biasanya bayi akan menggerakan lengannya dan menggerakan kakinya serta menggoyangkan perutnya seperti posisi kapal terbang yang lepas landas. Posisi ini paling disukai oleh bayi ketika bayi bermain.

  • Posisi pesawat lepas landas

Anda bisa membantu bayi untuk mendapatkan posisi favorit ini dengan cara menekan telapak tangan Anda di telapak kaki bayi. Gerakan seperti itu akan membuat bayi menggeliat diatas. Posisi ini paling disukai oleh bayi ketika bermain dengan Anda.

  • Melakukan aktivitas push up

Pada bulan sebelumnya bayi memiliki kemampuan untuk menggerakan kepala dan bagian dadanya. Nah, ketika memasuki usia 5 bulan kemampuan bayi sudah berkembang dengan melakukan gerakan seperti push up. Posisi ini merupakan posisi yang paling disukai oleh bayi pada tahap perkembangannya.

  • Berguling di tempat tidur
Baca Juga:  Resiko Bayi Tidur Tengkurap yang Wajib Bunda Ketahui

Setelah melakukan posisi push up biasanya bayi akan melakukan posisi lain seperti berguling-guling ditempat tidur. Posisi ini merupakan salah satu posisi favorit bayi ketika berada di atas tempat tidur. Anda harus menjaga bayi supaya tidak terjatuh dari tempat tidur. Alangkah lebih baiknya ketika bayi lebih sering melakukan gerakan ini Anda menempatkan bayi pada lantai dengan alas kasur supaya tidak membahayakan keselamatan bayi.

  • Mencoba untuk duduk dan berdiri

Pada usia 5 bulan cobalah untuk membantu bayi dengan cara menarik tangannya ke atas sehingga dia bisa duduk. Anda bisa melihat betapa sigapnya bayi dalam berusaha untuk duduk dan berdiri. Aktivitas seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk melatih bayi dalam berdiri.

  • Bermain dengan kakinya sendiri

Aktivitas yang satu ini disukai oleh bayi sehingga Anda bisa membantunya untuk melakukan gerakan ini. Baringkan bayi pada pangkuan Anda sehingga bayi bisa melakukan gerakan dengan posisi bagian leher condong ke depan karena tangannya berusaha menggapai bagian kakinya.

Itulah aktivitas favorit yang sering dilakukan oleh bayi pada usia 5 bulan. Pergerakan bayi yang aktif mengharuskan Anda sebagai orangtua untuk lebih hati-hati dan memperhatikan keselamatan bayi. Supaya lebih aman sebaiknya Anda meletakkan bayi diatas lantai yang diberi alas kasur, bukan diatas ranjang khusus bayi karena terlalu berbahaya bagi bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517