Aktivitas dan Kegiatan Ibu Hamil Muda

Memasuki tahap awal kehamilan, bagi wanita yang baru pertama kali menjalani proses kehamilan tentunya akan merasa kebingungan. Bahkan sebagian bertanya-tanya mengenai aktivitas apa yang harus dilakukan dan dilarang? Dalam hal ini diperlukan peran serta dari anggota keluarga untuk memberikan saran mengenai kegiatan ibu hamil muda yang sebaiknya dilakukan. Dengan begitu maka ibu hamil muda tidak akan salah dalam bertindak.

Pada waktu hamil tentunya setiap wanita dituntut untuk lebih berhati-hati dalam setiap kegiatan. Sekiranya aktivitas tersebut berat dan beresiko terhadap kesehatan dan bisa mengganggu perkembangan janin, sebaiknya ditinggalkan dan tidak dilakukan. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan olahraga berat sebaiknya tidak melakukan aktivitas tersebut dan lakukan olahraga ringan.

Ibu hamil juga sebaiknya jangan bermalas-malasan seperti lebih banyak tidur dan makan tidak teratur. Kebiasaan tersebut justru akan memicu timbulnya berbagai gangguan seputar kesehatan ibu hamil seperti penyakit diabetes dan bahkan kelebihan berat badan. Nah, maka dari itu dalam hal ini ibu hamil dianjurkan untuk beraktivitas sebagai upaya menjaga kebugaran tubuh.

Jenis Kegiatan Ibu Hamil Muda

  1. Berenang

Berenang dianggap sebagai salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Manfaatnya yaitu untuk mengurangi tekanan pada bagian punggung serta bagian kaki ibu hamil. Disamping itu, berenag akan membuat kondisi tubuh selalu dalam keadaan bugar.

  1. Jalan Santai

Ibu hamil muda disarankan untuk banyak bergerak, namun dengan aktivitas yang aman tentunya. Lakukan jalan santai dan jangan terlalu cape untuk membuat Anda lebih tenang dan terhindar dari perasaan stres. Bagi Anda yang tinggal didaerah yang sejuk sekitar pegunungan, tentunya jalan-jalan pagi akan membuat suasana hati lebih nyaman karena menghirup udara segar nan bersih.

  1. Olahraga Statis

Olahraga bersepeda diluar ruangan dikhawatirkan bisa jterjadis esuatu terhadap kandungan. Nah, sebagai gantinya Anda bisa melakukan olahraga bersepeda statis. Bersepeda secara indoor lebih aman, namun manfaatnya tetap banyak untuk menunjang kesehatan dan perkembangan janin.

  1. Yoga

Yoga dinilai sebagai olahraga yang bagus untuk ibu hamil jika dilakukan dengan benar. Namun tentu saja tidak semua gerakan yoga aman untuk ibu hamil. Dalam hal ini perlu pengetahuan dan bimbingan dari instruktur senam yang berpengalaman. Disamping itu, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Relaksasi Aroma Terapi

Untuk menghindari stres akibat banyak keluhan pada awal kehamilan, Anda bisa melakukan relaksasi dengan aromaterapi. Manfaatnya yaitu untuk mengatasi stres, pegal, mengontrol emosi dan mual. Pilihlah jenis aromaterapi yang aman bagi ibu hamil.

  1. Melakukan Pekerjaan Rumah

Seringkali banyak orang yang melarang ibu ohamil untuk melakukan pekerjaan rumah karena dinilai membahayakan. Sebenarnya pendapat tersebut kurang tepat. IbuĀ  hamil boleh melakukan pekerjaan rumah dengan catatan tidak terlalu cape. Jika masih sebatas aktivitas ringan, maka hal tersebut bisa dilakukan.

Related Posts

Share This