Akibat Kurang Tidur, Tubuh Mengalami Kondisi Ini!

Akibat kurang tidur. Kesibukan serta pekerjaan yang semakin hari semakin menumpuk kerap kali membuat kita menjadi lupa betapa pentingnya waktu istirahat atau waktu untuk tidur. Penting untuk Anda ketahui, bahwa wakti istirahat atau waktu tidur merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus di perhatikan. Kenapa? Karena bagaimanapun juga, tubuh sangat membutuhkan waktu yang baik untuk beristirahat serta memulihkan kembali kondisi yang menurun, agar nantinya Anda bisa melakukan aktivitas lagi.

Bukan hanya menyebabkan rasa kantuk, lelah serta mudah tersolot amarah sepanjang harinya. Namun kurang tidur juga bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda. Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang akan di alami tubuh ketika Anda kurang tidur, yaitu sebagai berikut:

1. Membuat berat badan naik

Ketika Anda kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka bisa mengganggu metabolisme tubuh Anda. Karena ketika Anda kurang tidur, banyak diantaranya orang-orang yang akan mengganti waktu tidurnya di akhir pekan ketika Anda terbebas dari pekerjaan. Dan cara tidur seperti ini yang pastinya akan membuat tubuh Anda menjadi cepat memiliki berta badan yang berlebih. Bukan hanya itu, kondisi ini juga bisa meningkatkan resiko Anda terkena diabetes

2. Menurunkan konsentrasi

Anda juga akan menjadi sangat tidak fokus ketika Anda kekurangan waktu untuk beristirahat, sehingga Anda akan sulit untuk berkoordinasi. Ada sebuah studi yang telah dilakukan oleh para penleiti, menyebutkan bahwa mereka telah berhasil menemukan penjelasan, bahwa kurang tidur juga bisa mempengaruhi sejumlah saraf yang berada di bagian otak yang mana berkaitan dnegan konsentrasi seseorang.

3. Depresi

Para ahli kesehatan juga mengatakan, bahwa waktu tidur yang baik dan tidur yang ehat merupakan salah satu hal yang wajib diperoleh fisik, mental juga kesejahteraan secara tingkat emosional seseorang. Bukan hanya itu, tim ahli juga menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki waktu tidur yang tidak baik kemungkinan besar akan mengalami depresi, serta kondisi ini juga bisa meningkatkan resiko genetik bagi mereka yang memang mengalami gejala depresi.

4. Risiko serangan jantung

Berdasarkan WHO, jika seseorang kurang tidur, maka seseorang itu akan mengalami efek negative yang mana efek tersebut sangat berbahaya, karena dikatakan efeknya sangat sebanding dengan efek meroko. Ada sebuah studi yang telah di lakukan oleh WHO yang menunjukkan, bahwa kurang tidur juga bisa menyebabkan resiko seseorang terkena serangan jantung semakin meningkat. Bukan hanya itu, kurangnya waktu tidur juga bisa meningkatkan seseorang terkena stroke.

5. Memengaruhi memori

Tidur yang cukup dan sehat patsinya bisa membuat Anda mampu menghapal dengan sangat baik. Hal ini dikarenakan tidur sendiri mampu memicu sinapsis organ otak dalam memperkuat atau bahkan melemahkan sesuai dengan memori yang dimilikinya. Dan kondisi ini dikenal sebagai potensiasi dalam jangka waktu yang panjang.

Maka dari itu, kurang tidur juga bisa mengurangi kemampuan seseorang dalam mengingat suatu hal, karena proses sinapsis tidak terjadi dengan baik.

Related Posts

Share This