Ajarkan Si Kecil Cara Menyikat Gigi yang Tepat dan Menyenangkan

Selamat ya bunda, akhirnya si kecil mulai tumbuh gigi. Dan inilah saatnya yang tepat untuk mengajarkan si kecil cara menyikat gigi yang baik dan benera sekaligus menyenangkan. Hal ini bertujuan agar gigi si kecil tidak mudah terserang kuman yang bisa merusak giginya yang baru tumbuh.

Penting untuk bunda ketahui, bahwa menyikat gigi merupakan salah satu cara yang harus dilakukan guna menjaga kesehatan gigi si kecil. Dan ketika memilih sikat gigi bayi, bunda harus memilih sikat gigi yang tepat.

Akan tetapi, bagaimana cara yang tepat mengajak si kecil sikat gigi, sedangka ia tampak menolak untuk membersihkan giginya.

Sebenarnya, mengajak si kecil untuk membersihkan giginya merupakan satu hal yang susah-susah gampang. Butuhh bimbingan serta kesebaran yang ekstra dari orangtua agar si kecil mau menyikat gigi demi kesehatan gigi si kecil. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang tepat untuk mengajak si kecil rajin sikat gigi, yaitu sebagai berikut:

  1. Anda dianjurkan untuk memilih sikat gigi yang khusus untuk si kecil serta pasta gigi berflouride dengan ukuran yang kecil.
  1. Sebelum si kecil berusia 2 tahun, maka Anda dianjurkan untuk memberikan pasta gigi sebanyak 1 butir beras. Dan ketika usia si kecil memasuki usia 2 tahun, maka bunda bisa memberikannya pasta gigi seukuran dengan biji kacang polong.
  2. Ingat bunda, sampai si kecil berusia 7 tahun, ia belum bisa menyikat gigi dengan cara yang benar. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda bersabar mengajarinya menyikat gigi yang baik dan benar.
  3. Nah, agar suasana menyikat gigi bisa menyenangkan untuk si kecil, dan si kecil tidak merasa bosan dengan rutinitas ini, maka Anda bisa mengakalinya dengan membeli sikat gigi yang memiliki gagang bergambar kartun. Hal ini jelas akan membuat si kecil merasa senang.
  4. Bukan hanya itu, Anda juga bisa membelikan si kecil berbagai warna juga model dari sikat gigi yang menarik juga lucu. Sehingga si kecil bisa memilih mana sikat gigi yang memang ia gunakan. Bukan hanya rajin dalam menyikat gigi, namun momen menyikat gigi bisa menjadi momen yang menyenangkan bagi si kecil juga Anda.

Hal yang tidak kalah penting yang harus Anda ketahui yaitu, kalau si kecil akan meniru kebiasaan dari orangtuanya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengajaknya rajin menyikat gigi bersama-sama di setiap pagi juga malam mari sebelum tidur, sehingga ia bisa mencontoh kebiasaan baik yang memang sering Anda lakukan ini.

Namun jika Anda hanya mengajarkan tanpa ikut melakukannya, maka percayalah kalau si kecil akan susah untuk melakukan hal tersebut

Related Posts

Share This