Air Putih Memiliki Banyak Manfaat Bagi Ibu Hamil

Menjaga kesehatan selama menjalani proses kehamilan sangat penting dilakukan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Kehamilan merupakan sebuah proses panjang yang membutuhkan perhatian ekstra terutama dalam hal kesehatan. Apabila ibu hamil sehat maka janin di dalam kandungan juga akan sehat dan berkembang sebagaimana mestinya. Akan tetapi apabila kesehatan ibu hamil terganggu maka perkembangan janin didalam kandungan tidak akan berjalan optimal.

Menjaga kesehatan selama hamil bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu menjaga asupan makanan yang bergizi. Ibu hamil juga harus menjaga kebugaran tubuh dengan cara rutin berolahraga atau mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil seperti yoga dan latihan meditasi. Selain itu, untuk menjaga kesehatan selama menjalani proses kehamilan dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan cara rutin minum air putih.

manfaat air putih untuk ibu hamil

Air Putih Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Selama Hamil

  • Air putih mencegah munculnya stretch mark. Minum air putih secara rutin pada waktu hamil akan mencegah terjadinya guratan-guratan pada kulit yang disebut dengan stretch mark. Air putih akan membuat kulit lebih elastis dan lembut sehingga akan mencegah munculnya stretch mark. Selain itu, air akan memperlancar aliran darah yang membawa nutrisi untuk kebutuhan tubuh terutama kulit. Stretch mark muncul akibat kulit kekurangan nutrisi dan tidak terhidrasi seiring dengan perkembangan usia kehamilan.
  • Mengatasi morning sickness. Gejala kehamilan seperti pusing, mual dan muntah seringkali dialami oleh ibu hamil. Kondisi tersebut tentunya membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pusing atau sakit kepala pada waktu hamil merupakan pengaruh dari hormone kehamilan. Selain itu, penyebab sakit kepala pada waktu hamil yaitu kelelahan dan kurangnya asupan cairan untuk tubuh. Mengkonsumsi air putih secara teratur akan membantu mengatasi keluhan tersebut.
  • Menjaga suhu tubuh selama menjalani kehamilan. Hormon kehamilan akan mempengaruhi suhu tubuh ibu hamil. Biasanya pada awal kehamilan suhu tubuh akn meningkat sehingga membuat ibu hamil akan sering merasa lelah. Selain itu perubahan suhu tubuh biasanya menyebabkan konstipasi pada ibu hamil. Oleh karena itu untuk mencegah hal tersebut, dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi air putih secara rutin setiap hari. Air putih berguna untuk menyeimbangkan suhu tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.
  • Mengeluarkan racun di dalam tubuh. Air putih akan mengoptimalkan kinerja hati dan ginjal untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh ibu hamil. Kesehatan janin selama di dalam kandungan sangat bergantung pada kesehatan sang ibu. Semua makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan terserap oleh janin. Oleh karena itu untuk membersihkan racun yang terbawa melalui makanan, sebaiknya ibu hamil mencukupi asupan cairan dengan mengkonsumsi air putih.
  • Mencegah kekurangan cairan selama hamil. Kebutuhan asupan cairan selama hamil akan meningkat. Hal ini karena cairan dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Kekurangan cairan pada waktu hamil akan berpengaruh buruk bagi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Dampak buruk kekurangan cairan yaitu mengakibatkan dehidrasi serta keluhan lain seperti sakit punggung dan pusing. Dehidrasi sangat beresiko mengakibatkan persalinan secara prematur. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan cairan dengan cara mengkonsumsi air putih. Selain untuk mencegah dehidrasi, manfaat air putih yang lainnya yaitu untuk mencegah penumpukan cairan dan memperlancar sirkulasi darah.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517