Agar-agar Sebagai Cemilan Sehat Ibu Hamil

Ibu hamil harus senantiasa menjaga asupan makanan karena akan berdampak terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Pada dasarnya ibu hamil harus mengutamakan asupan makanan yang bergizi selama hamil untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Jika kebutuhan nutrisi selama hamil tidak tercukupi maka rentan menyebabkan gangguan pertumbuhan dan cacat pada janin. Nah, pada kesempatan ini penulis akan mengulas mengenai manfaat agar-agar untuk cemilan sehat ibu hamil.

Agar-agar merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari olahan rumput laut. Makanan yang satu ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral dan serat. Manfaat kandungan serat pada agar-agar yaitu untuk memperlancar saluran pencernaan. Nah, berikut ini beberapa manfaat agar-agar untuk ibu hamil.

  • Kesehatan Mata

Kandungan omega-3 dan omega-6 pada agar-agar berguna untuk menjaga kesehatan mata selama hamil. Selain itu, dengan mengkonsumsi cemilan yang satu ini akan menghinarkan ibu hamil dari resiko retina pecah pada saat persalinan.

  • Perkembangan Otak Janin

Mengingat kandungan omega-3 dan omega-6 yang sangat tinggi pada agar-agar maka cemilan yang satu ini sangat berguna untuk membantu pembentukan kecerdasan bayi sejak dalam kandungan. Konsumsi agar-agar secara rutin sebagai cemilam sehat selama Anda menjalani masa kehamilan.

  • Mencegah Kerusakan Saraf

Kerusakan saraf pada janin kbisa terjadi akibat kekurangan asupan nutrisi pada awal kehamilan dan selama kehamilan. Konsumsi agar-agar akan membantu menghindari resiko cacat saraf karena makanan yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi.

  • Mengoptimalkan Perkembangan Saraf

Karena kandungan utama omega-3 pada agar-agar memiliki fungsi yang sangat luar biasa dalam membantu pembentukan sistem saraf janin. Terlebih lagi jika jenis makanan ini dikonsumsi pada tahap awal kehamilan.

  • Mencegah Cacat Janin

Resiko cacat janin bisa dicegah dengan mencukupi semua kebutuhan gizi selama hamil. Nah, kandungan gizi pada agar-agar seperti mineral, vitamin dan jenis nutrisi penting lainnya akan menghindarkan janin dari kecacatan.

Manfaat lain dari agar-agar untuk ibu hamil yaitu mencegah sembelit, menjaga berat badan ideal, memperlancar sirkulasi darah, memelihara kesehatan tulang, membantu pembentukan sel darah merah dan meningkatkan imun tubuh.

Pada zaman sekarang, agar-agar bisa dibuat dengan mudah tanpa harus mengolah dari rumput laut. Kini banyak dipasaran yang menjual agar-agar instan dalam bentuk serbuk yang tinggal Anda olah dan tidak membutuhkan waktu lama. Dalam pembuatan agar-agar tersebut sebaiknya jangan menambahkan terlalu banyak gula karena justru membahayakan kesehatan.

Dalam pengolahannya, Anda bisa menambahkan buah-buahan sehingga citarasa agar-agar menjadi lebih nikmat dan kaya manfaat. Bagaimana sahabat sehat? Luar biasa sekali bukan manfaat agar-agar untuk ibu hamil? Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This