Adakah Manfaat Pare Bagi Kesehatan Ibu Hamil?

Mungkin banyak ibu hamil yang bertanya, apakah boleh ibu hamil mengkonsumsi pare? Lantas, adakah manfaat pare bagi kesehatan selama kehamilan? Pare atau dikenal dalam bahasa Inggris sebagai balsam pear atau disebut juga bitter melon merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki rasa sangatlah pahit. Walaupun jenis sayuran ini memiliki rasa yang pahit, namun pare dianggap memiliki manfaat yang baik, terutama karena sifatnya yang memang menakjubkan sebagai obat alami yang sering di gunakan.

Manfaat pare untuk kesehatan ini yang memang kerap di jadikan sebagai obat yang alami telah di temukan di beberapa wilayah yang ada di Asia Tenggara. Bahkan tidak bisa di pungkiri lagi bawa sayuran pare memang memiliki manfaat yang baik, terutama dalam menunjang kesehatan tubuh orang yang mengkonsumsinya. Jika demikian, apakan sayuran pare ini boleh di konsumsi oleh ibu hamil?

Manfaat sayur pare untuk ibu hamil memang sudah lama menjadi kontraversi tersendiri. Mengapa? Karena di dalam sayuran pare terdapat efek samping yang mungkin saja ditimbulkan karena adanya proses konsumsi sayuran jenis ini yang memiliki rasa pahit. Nah, di bawah ini ada beberapa resiko mengkonsumsi sayuran pare selama kehamilan, yaitu sebagai berikut:

  1. Penyebab Keracunan

Sayuran pare memiliki kandungan senyawa alkali yang dapat menyebarkan racun di dalam tubuh, senyawa alkali itu seperti resin, kina, glikosida saponic, juga morodicine. Toksisitas ini mampu menyebabkan sakit perut, mual yang disertai dengan muntah, kemerahan pada wajah, diare, gangguan pada penglihatan, produksi air liur yang berlebihan, serta adanya proses pelemahan sejumlah otot pada wanita hamil.

  1. Konsumsi berlebih dapat menyebabkan masalah perut

Jika seorang ibu hamil mengkonsumsi pare, maka akan menyebabkan diare, keram di bagian perut serta beberapa permasalahan lainnya yang dapat mengganggu kehamilan.

  1. Penyebab alergi
Baca Juga:  Cara Jitu Untuk Mengatasi Kaki Kram Saat Hamil

Biji sayuran pare mamiliki kandungan vizine yang memang bisa menyebabkan gejala favism terhadap seseorang yang memang sangat sensitive.

  1. Pre-Term Labour

Ketika ibu hamil mengkonsumsi pare juga bisa menyebabkan terjadinya aktifitas yang tidaklah normal terhadap janin yang ada di dalam kandungan, dan itu akan mengakibatkan proses persalinan menjadi premature pada sebagian besar wanita yang mengalaminya.

Kesimpulan :

Walaupun sayuran pare ini mampu menyediakan berbagai jenis vitamin juga mineral yang baik bagi ibu hamil, namun sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi jenis sayuran yang memiliki rasa pahit ini untuk sementara waktu. Karena wanita hamil sangat rentan terhadap serangan penyakit yang bisa mengganggu kesehatan tubuh juga janin yang ada di dalam kandungannya, sehingga tindakan pencegahan merupakan salah satu cara yang paling baik untuk di lakukan.

Satu hal yang harus Anda ingat, bahwa mengkonsumsi sayuran pare ketika hamil bisa menyebabkan terjadinya aktivitas pada janin yang ada di dalam kandungan menjadi tidak normal. Akan tetapi, sangat berbeda dengan masa kehamilan, di masa menyusui justru ibu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pare, karena memiliki manfaat dalam melancarkan produksi ASI.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517