Ada yang Tidak Beres Dengan Siklus Haid Anda, Ini Dia Tandanya

Bagi sebagian wanita, masa siklus haid merupakan masa-masa yang paling menyiksa bahkan bisa membuat seseorang menderita. Adanya rasa tidak nyaman yang disertai dengan rasa sakit di beberapa bagian tubuh bisa membuat aktivtas harian Anda menjadi sangat terganggu. Namun, apakah Anda pernah, merasa ada yang tidak beres dengan siklus haid Anda?

Nah, ada beberapa hal yang memang menjadi pertanda kalau ada yang tidak beres dengan siklus haid Anda. Dengan kata lain, ketika Anda mengalami beberapa tanda ini, maka Anda harus segera mengkonsultasikannya pada dokter.
Dan berikut ini beberapa tanda siklus haid Anda bermasalah, yaitu sebagia berikut:

1. Siklus Haid Tak Teratur

Anda coba cek, apakah siklus haid Anda teratur atau tidak? Penting untuk Anda ketahui, bahwa siklus haid yang normal umumnya akan berjalan 21-45 hari. Ketika awal Anda mengalami haid atau bahkan ketika menjelang masa menopause, keadaan siklus haid yang tidak teratur merupakan hal yang wajar. Namun ketika Anda tidak berada di kedua masa tersebut, dan siklus haid Anda tidak teratur, maka ada yang salah dengan kondisi tersebut dan Anda harus segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

2. Siklusnya Terlalu Berdekatan atau Berjauhan

Jika masa haid Anda datang di waktu kurang dari 21 hari, atau bahkan lebih dari 45 hari dari haid sebelumnya, dipastikan ada hal yang patut Anda cek. Karena siklus haid yang terlalu berdekatan atau bahkan terlalu berjauhan bisa menjadi gejala hyperthyroidism atau hypothyroidism.

3. Kram Perut Menyiksa

Kram di bagian perut ketika haid merupakan hal yang wajar, selama keadaan tersebut masih dalam kondisi yang ringan. Namun ketika rasa sakit yang Anda rasakan sampai membuat Anda sulit untuk bergerak bahkan melakukan aktivitas, maka bisa jadi Anda tengah mengalami masalah dan harus mengeceknya pada dokter. Karena jika kondisi kram di perut dirasa terlalu berlebihan, maka bisa jadi kondisi tersbeut menunjukkan kalau rahim tengah memproduksi prostaglandin dalam jumlah yang terlalu banyak.

4. Perdarahan Nggak Normal

Darah haid akan keluar 3-7 hari dengan penggantian pembalut 3-6 kali, dan itu masih bisa di anggap normal. Namun jika darah haid keluar lebih dari 7 hari dengan intens penggantian pembalut melebihi angka yang telah di tentukan, maka Anda dianjurkan untuk segera menghubungi dokter. Karena pendarahan ini merupakan pendarahan abnormal, yang memang bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya seperti endometriosis, kista rahim, dan juga hipotiroidisme.

5. Ada Darah yang Keluar Di Tengah Siklus Haid

Ketika Anda mengalami pendarahan di pertengahan siklus haid Anda, maka hal tersebut menunjukkan ada hal yang tidak beres, dan Anda harus segera memeriksakannya pada dokter. Karena hal tersebut bisa saja menunjukkan gejala kadar hormon progesteron dengan jumlah yang sangat rendah atau bahkan adanya gangguan terhadap keseimbangan hormon.

Itu dia beberapa pertanda kalau siklus haid Anda ada dalam keadaan yang tidak baik. Dan sebaiknya Anda segera menghubungi dokter agar Anda mengetahui, hal apa yang tengah terjadi pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517