9 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Jahe atau yang disebut dengan istilah zingiber adalah salah satu tanaman rimpang yang paling popular sebagai rempah-rempah. Disamping itu, banyak orang yang menggunakan jahe sebagai ramuan dalam memlbuat obat. Jahe memiliki rasa pedas karena mengandung senyawa keton bernama zingeron. Nah, manfaat jahe untuk kesehatan penting sekali untuk diketahui sehingga Anda bisa mengkonsumsi jahe secara tepat.

Jika dikonsumsi secara tepat maka Anda bisa memperoleh manfaat luar biasa dari jahe. Nah, adapun manfaat jahe untuk kesehatan tubuh yaitu sebagai berikut:

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Jahe mengandung gingeriol yang bersifat sebagai antikoagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan begitu maka akan mencegah terjadinya penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini karena jahe memiliki kemampuan untuk menstimulus pelepasan hormone adrenalin untuk memperlebar pembuluh darah. Nah, dengan begitu maka akan memperlancar aliran darah sehingga akan membuat kinerja jantung menjadi lebih ringan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dengan mengkonsumsi jahe secara rutin maka akan membantu pelebaran pembuluh darah dan membantu proses pembakaran lemak atau kalori sehingga akan berkontribusi dengan baik untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi jahe dalam bentuk wedang jahe dan susu jahe sehingga rasanya tidak terlalu pedas.

  1. Mencegah Siklus Menstruasi Yang Tidak Teratur

Bagi Anda yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur maka solusi terbaiknya yaitu dengan mengkonsumsi jahe. Perlu Anda ketahui bahwa jahe memiliki senyawa yang bisa memperlancar darah haid dan mengatasi kram perut.

  1. Mengatasi Peradangan

Jahe mengandung senyawa gingerol yang bermanfaat sebagai anti imflamasi sehingga efektif dalam mengatasi dan mencegah terjadinya peradangan. Daripada Anda mengkonsumsi obat dengan bahan kimia, jahe dinilai lebih efektif untuk mengatasi peradangan.

  1. Mencegah Sel Kanker
Baca Juga:  Waspada Bahaya AC Untuk Kesehatan Anda

Mengkonsumsi jahe secara rutin sangat bagus dalam upaya untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Menurut sebuah studi mengatakan bahwa jahe memiliki kandungan senyawa yang bisa menghambat dan memerangi sel kanker seperti kanker usus dan ovarium.

  1. Menurunkan Kolesterol

Dengan mengkonsumsi jahe secara teratur maka akan membantu mengurangi penyerapan kolesterol didalam darah ataupun hati. Nah, jika kadar kolesterol seimbang maka sangat efektif dalam mencegah penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

  1. Anti Alergi

Alergi bisa diakibatkan oleh banyak hal, baik itu makanan ataupun kondisi lingkungan. Secara umum alergi akan menunjukan gejala seperti kulit yang tiba-tiba memerah ataupun gatal. Konsumsi air jahe secara teratur dan secara perlahan akan mengatasi alergi.

  1. Mengatasi Jerawat

Jahe memiliki senyawa yang mampu mengatasi masalah seputar kulit wajah seperti jerawat. Kandungan nutrisi jahe bisa meminimalisir produksi minyak dibagian wajah sehingga mencegah tumbuhnya jerawat. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal dan kulit wajah bersih.

Demikian sebagian kecil manfaat jahe untuk kesehatan. Anda bisa mengkreasikan jahe dengan berbagai bahan alami lainnya untuk memperoleh rasa dan hasil yang bagus.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517