9 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Buah duku termasuk salah satu jenis buah musiman dan menjadi favorit masyarakat di negri ini. Meskipun bentuknya kecil akan tetapi buah yang satu ini memiliki rasa manis luar biasa. Disamping itu, manfaat buah duku untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa. Seperti halnya buah-buahan pada umumnya, duku tergolong jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C sebagai senyawa antioksidan.

Mengingat buah yang satu ini hanya didapatkan pada waktu tertentu dan tidak berbuah sepanjang tahun, tidak heran jika ketika tiba musim berbuah akan menjadi buruan banyak orang. Nah, selain enak dikonsumsi, Anda juga perlu mengetahui manfaat yang luar biasa dari buah mungil ini. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari buah duku!

Sumber Antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai senyawa antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang biosa menyebabkan infeksi penyakit. Selain itu, antioksidan juga memliki peranan yang sangat vital dalam mencegah terjadinya kerusakan sel-sel di dalam tubuh yang diakibatkan oleh zat-zat toksik.

Menguatkan Gigi

Kandungan posfor yang cukup tinggi pada buah duku memiliki khasiat dalam menjaga kesehatan gigi. Asupan posfor akan memberikan dampak positif untuk menguatkan gigi. Nah, maka dari itu tidak ada salahnya jika Anda menambahkan buah duku sebagai salah satu menu sehat harian.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas berguna dalam mengatasi kerusakan sel-sel tubuh sehingga mencegah terjadinya penuaan dini. Disamping itu, vitamin C juga memiliki peranan dalam memberikan perlindungan terhadap asam nukleat, lipid serta terjadinya kerusakan karbohidrat.

Menjaga Kesehatan Gusi

Kesehatan gigi dan gusi sangat penting dalam menunjang sistem pencernaan. Kandungan vitamin C buah duku berperan penting dalam menjaga kesehatan gusi. Konsumsi buah duku secara teratur sangat berguna untuk mencegah terjadinya peradangan pada gusi.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah-buahan memiliki kandungan serat cukup tinggi, salah satunya terdapat pada buah duku. Manfaatnya tentu saja untuk membantu menjaga dan melancarkan sistem pencernaan. Bagi Anda yang mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit, konsumsilah buah duku atau jenis buah lainnya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Duku termasuk salah satu jenis buah yang memiliki kandungan vitamin E. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena vitamin E berperan penting sebagai antioksidan.

Mencegah Anemia

Zat besi pada buah duku tergolong cukup tinggi. Zat besi berperan penting dalam meningkatkan produksi hemoglobin sehingga mencegah terjadinya penyakit anemia. Disamping itu, asupan zat besi akan memperlancar sirkulasi darah.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Selain sebagai antioksidan, vitamin C memiliki peran sentral untuk mengontrol dan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Menurunkan Berat Badan

Carnitine yang terdapat pada buah duku berguna untuk mengontrol dan mengarahkan molekul lemak menuju sbuah tempat pembakaran lemak. Nah, bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan/obesitas maka sangat efektif dengan mengkonsumsi buah duku.

Luar biasa sekali bukan manfaat buah mungil yang satu ini? Maka dari itu, jika tiba musim buah duku, cobalah untuk mengkonsumsinya agar memperoleh manfaat dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517