9 Cara Mengatasi Keputihan Saat Kehamilan

Halo bumil, pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit tips bermanfaat untuk ibu hamil semua terkait cara mengatasi keputihan saat masa kehamilan, pastinya tips ini sangat bermanfaat bagi bumil semua. Keputihan merupakan satu proses keluarnya cairan dari daerah kewanitaan yang memang terbilang abnormal. Bahkan keputihan juga bisa terjadi pada wanita atau ibu yang tengah hamil, hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan hormone juga aliran darah pada bagian kewanitaan, yang bisa berakibat meningkatnya proses sekresi terhadap area kewanitaan.

cara mengatasi keputihan

Sebenarnya, yang menjadi penyebab utama terjadinya masalah terhadap area kewanitaan saat masa kehamilan masih muda yaitu hampir sama dengan sejumlah penyakit keputihan lainnya. Dan penyebab umum yang kerap terjadi yaitu masalah dalam kebersihan organ intim, dan keputihan itu sendiri ada yang bersifat normal juga bersifat abnormal. Nah, jika ibu hamil mengalami keputihan yang abnormal, dengan ciri-ciri cairan yang keluar memiliki aroma bau yang tidak sedap juga warna yang agak kekuning-kuningan atau kehijauan, maka segeralah ibu hamil mencari obat keputihan yang tidak akan membahayakan kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Banyak diantaranya ibu hamil yang memang tidak terlalu mengeluhkan gejala keputihan yang mereka derita. Dan hal ini bisa saja terjadi dikarenakan ibu hamil yang mengalami keputihan tidak merasa terganggu. Akan tetapi, jika gejala-gejala ini tetap di biarkan oleh ibu hamil, maka bisa berresiko terhadap janin yang ada di dalam kandungan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara guna mengatasi keputihan yang terjadi pada ibu hamil, yaitu sebagai berikut:

  1. Sebaiknya ibu hamil menghindari penggunaan air kotor ketika hendak membasuh area vagina, terutama ketika Anda menggunakan toilet umum.
  2. Sebaiknya ibu hamil kerap menggunakan pakaian atau celana dalam yang berbahan dasar katun, bukan hanya itu, sebaiknya Anda juga bisa menghindari penggunaan celana dalam yang memiliki bahan dasar sintetis juga memiliki ukuran yang ketat.
  3. Ibu hamil sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan panty liner di setiap harinya, mengapa? Karena panty liner bisa membuat area vagina menjadi lembab, dan itulah penyebab terjadinya keputihan pada wanita hamil.
  4. Ketika di rasa lembab, sebaiknya segeralah ganti pakaian dalam Anda.
  5. Anda harus rutin membersihkan area kewanitaan Anda ketika Anda selesai melakukan buang air besar ataupun buang air kecil. Dan hal ini bisa membantu Anda dalam mengurangi resiko terkena kontaminasi mikroorganisme terhadap saluran kantung kemih juga anus.
  6. Alangkah lebih baik lagi jika ibu hamil dapat mengurangi asupan makanan yang manis juga mengandung banyak kafein.
  7. Hindarilah untuk menggunakan sabun yang bertujuan untuk membersihkan area vagina. Karena hal ini tidak baik dilakukan, terutama untuk ibu hamil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517