8 Tips Cerdas Memilih Buku Bacaan Bagi Anak Usia Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, kini si kecil sudah berkembang dengan berbagai macam kemampuan. Perkembangan anak yang sehat dan pesat tentunya membuat orangtua merasa senang. Terlebih lagi kini si kecil sudah semakin lancar berbahasa dan mulai menunjukan ketertarikannya terhadap deretan alphabet di dalam buku.

Jika si kecil sudah mulai tertarik dengan buku dibarengi dengan rasa ingin tahu yang tinggi maka sebaiknya Anda segera memperkenalkan alphabet atau cara mengeja. Anda tidak perlu menunggu sampai si kecil memasuki usia sekolah dasar. Hal ini bisa Anda lakukan sejak dini sebagai salah satu cara untuk menstimulus perkembangan otak anak. Namun, terkadang sebagian dari Anda bertanya-tanya mengenai buku seperti apa yang harus diperkenalkan pada si kecil untuk pertama kali. Berikut ini penulis akan memberikan tips memilih buku bacaan yang tepat bagi anak.

Memilih Buku Bacaan Bagi Anak

Berikut Tips Cerdas Memilih Buku Untuk Anak Usia Dini

Memperkenalkan dan memilih buku bacaan untuk anak usia dini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memilih jenis buku yang tepat untuk diperkenalkan pada anak usian dini yang baru pertama belajar membaca. Simak tips berikut ini.

  1. Ketika pertama kali memberikan buku bacaan untuk anak sebaiknya memilih jenis buku dengan struktur kalimat yang pendek dan singkat sehingga lebih mudah untuk diingat oleh anak.
  2. Berikan buku cerita atau dongeng yang sering Anda baca sebelum si kecil tidur. Dengan begitu akan memudahkan anak untuk mengenali setiap kosa kata yang terdapat pada buku tersebut. Hal ini karena si kecil sudah terbiasa mendengar kata-kata tersebut pada waktu Anda membacakannya. Cara ini tentunya akan membangkitkan minat si kecil dalam belajar membaca.
  3. Usahakan untuk memberikan buku yang berkualitas bagi anak. Hal ini supaya memudahkan anak dalam proses belajarnya. Anda bisa memilih jenis buku dengan merk dan penulis terkenal.
  4. Pilih buku yang memiliki gambar menarik serta berkaitan dengan isi cerita. Hal ini untuk memudahkan anak dalam memahami isi buku tersebut. Selain itu, Anda juga bisa memilih buku dengan gambar yang berwarna mencolok untuk menarik minat anak. Hindari memilih buku yang memiliki gambar hitam putih karena akan membuat anak cepat bosan dan susah untuk memahami isi buku tersebut.
  5. Anda harus memahami minat anak dan berikan buku yang berkaitan dengan minatnya. Ini adalah salah satu cara untuk membuat anak semakin tertarik dan bersemangat dalam belajar membaca.
  6. Cara lain untuk memilih buku yang tepat bagi anak yaitu dengan mengajak anak ke toko buku dan berikan kesempatan pada anak untuk memilih sendiri buku yang disukainya.
  7. Disarankan untuk memilih jenis buku yang berguna untuk melatih kemampuan dan kecerdasan otak anak seperti buku yang berisi sususan gambar atau mencocokan jenis warna. Buku seperti ini akan menstimulus perkembangan keceradasan otak anak. selain itu untuk melatih kemampuan berpikir pada anak Anda sejak usia dini.
  8. Buku yang baik untuk anak hendaknya memiliki konten yang mendidik disertai dengan gambar yang menarik dan berwarna mencolok.

Ada satu hal yang harus Anda perhatikan ketika memberi kebebasan pada anak dalam memilih buku yaitu jangan membiarkan anak memilih buku bacaan yang tidak berkualitas seperti komik. Apabila anak sudah mengenal komik sejak kecil maka hal tersebut bisa menjadi sebuah kecanduan sampai dia tumbuh dewasa. Pilihlah buku yang mengandung unsur pendidikan untuk menstimulus perkembangan otak dan kecerdasan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517