8 Makanan Yang Menjadi Pantangan Bagi Ibu Hamil

Memilih jenis makanan pada waktu hamil harus dilakukan dengan hati-hati dan selektif. Ibu hamil harus mengetahui jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk menunjang pekembangan janin dan mengetahui makananan yang menjadi pantangan. Makanan pantangan bagi ibu hamil pada dasarnya bisa membahayakan perkembangan dan keselamatan janin di dalam kandungan.

Jenis-jenis Makanan Pantangan Ibu Hamil

  1. Salah satu jenis makanan pantangan bagi wanita hamil yaitu makanan mentah. Ibu hamil sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak terlebih dahulu. Ibu hamil sebaiknya jangan pernah sesekali mengkonsumsi ikan, daging dan telur yang tidak diolah dengan baik (setengah matang). Hal ini karena dikhawatirkan makanan mentah mengandung virus dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan janin di dalam kandungan. Makanan mentah sangat beresiko mengandung bakteri Listeria yang bisa mengakibatkan keguguran, bayi lahir cacat dan prematur.
  1. Selain daging dan ikan, ibu hamil juga tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran mentah karena beresiko mengandung bakteri coli.
  1. Makanan pantangan ibu hamil yang selanjutnya yaitu adonan kue. Jika Anda mempunyai hobi membuat kue, sebaiknya jangan pernah mencicipi adonan kue pada waktu hamil karena dikhawatirkan mengandung bakteri Listeria yang berasal dari telur.
  1. Keju dan susu yang tidak melalui proses pengolahan secara pasteurisasi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena sangat beresiko mengandung bakteri yang bisa membahayakan janin.
  1. Makanan laut. Ibu hamil sebaiknya selektif dalam memilih jenis makanan laut yang akan dikonsumsi. Beberapa ahli kesehatan tidak menyarankan bagi ibu untuk mengkonsumsi makanan laut. Jenis ikan yang disarankan bagi ibu hamil yaitu salmon dan tuna. Kedua jenis ikan tersebut lebih aman karena rendah kandungan merkuri.
  1. Minuman yang beralkohol sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena bisa berakibat fatal terhadap perkembangan janin. Menurut sebuah riset menyatakan bahwa minuman beralkohol sangat rentan mengakibatkan bayi lahir prematur dan cacat.
  1. Minuman berkafein. Semua jenis minuman yang berkafein seperti teh maupun kopi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak oleh ibu hamil karena beresiko mengakibatkan keguguran ataupun kematian bayi. Kopi dan teh tergolong aman jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit.
  1. Makanan yang mengandung pemanis buatan. Ibu hamil sebaiknya menghindari semua jenis makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Kebiasaan mengkonsumsi pemanis buatan sangat rentan mengakibatkan masalah kesehatan pada bayi seperti penyakit diabetes.

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Pada dasarnya semua jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus diolah dengan cara yang benar sehingga terbebas dari virus dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517