8 Khasiat dan Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Anda

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang popular diseluruh penjuru dunia. Sayuran berwarna orange ini biasanya diolah menjadi sup ataupun ditumis dengan campuran bahan lain. Disamping itu, biasanya sebagian orang mengolah wortel menjadi jus yang segar dan tentunya sehat. Wortel memiliki banyak manfaat karena mengandung beragam nutrisi di dalamnya. Salah satu manfaat wortel untuk kesehatan yang paling popular yaitu untuk menjaga indera penglihatan.

Pengolahan wortel dengan cara di buat jus tentunya lebih baik karena kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya tidak akan rusak. Jika dikonsumsi secara rutin maka Anda akan memperoleh manfaat yang luar biasa dari sayuran yang satu ini.

Berikut Ini Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh Anda!

  • Meningkatkan sistem imun

Wortel mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan zat antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran yang satu ini secara rutin maka akan melindungi sel-sel di dalam tubuh dari infeksi berbagai macam penyakit berbahaya.

  • Menjaga kesehatan mata

sudah bukan rahasia lagi jika wortel terkenal mengandung betakaroten dan vitamin A serta lutein yang berguna untuk meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Kandungan nutrisi tersebut juga berguna dalam mencegah penyakit mata seperti rabun senja dan glukoma.

  • Kesehatan sistem pencernaan

Mengkonsumsi jus wortel sebelum makan sangat bagus untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat larut pada wortel dinilai sangat efektif untuk memperlancar dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kandungan nutrisi seperti vitamin A, beta karoten, posfor, kalsium serta beberapa jenis nutrisi lainnya sangat efektif dan berguna untuk memberikan perlindungan terhadap jantung. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut akan menghindarkan Anda dari resiko penyakit kanker dan juga tekanan darah tinggi.

  • Menurunkan kolesterol

Berdasarkan hasil studi dan riset di Harvard University menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi wortel akan terhindar dari resiko kolesterol tinggi. Serat dan kalori rendah pada wortel bisa membantu menurunkan kadar kolesterol  dalam darah.

  • Mencegah penyakit kanker

Kandungan karotenoid dan antioksidan pada wortel sangat ampuh untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker payudara. Menurut hasil studi menunjukan bahwa wortel sangat ampuh dalam menurunkan resiko penyakit kanker usus, rahim, kandung kemih, prostat dan bahkan kanker paru-paru.

  • Mengatur kadar gula darah

Tingginya kandungan karotenoid pada wortel sangat efektif untuk mengatur dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Jika dikonsumsi secara rutin maka akan terhindar dari penyakit diabetes.

  • Menjaga paru-paru

Kandungan vitamin A pada wortel juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru sehingga terhindar dari resiko gangguan pernafasan dan infeksi pada paru-paru. Terlebih lagi bagi Anda yang perokok, konsumsi wortel secara rutin untuk menetralisir racun rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517