8 Jenisn Makanan yang Berperan Penting Dalam Menjaga Kesehatan Hati

Menjaga kesehatan hati memang sangat penting. Hal ini karena hati merupakan salah satu organ vital bagi tubuh. Fungsi dari hati yaitu untuk membantu meningkatkan imunitas, pencernaa, metabolisme,penyimpanan nutrisi dan menetralisir racun. Jika organ hati rusak maka kemungkinan akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh dan organ penting lainnya.

Hati yang sehat akan membantu mengatur komposisi darah, menghilangkan racun dan mengkonversi nutrisi. Bahkan hati juga menyimpan beberapa jenis nutrisi seperti vitamin dan mineral penting. Disamping itu, hati akan membantu menghancurkan sel darah merah tua serta menghasilakn zat pada proses pembekuan darah.

Nah, mengingat banyaknya fungsi hati maka sebaiknya kita semua menjaga organ vital tersebut supaya tidak terjadi kerusakan. Lalu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan hati? Pada dasarnya untuk menjaga kesehatan hati sangat mudah yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Dan berikut ini beberapa jenis makanan yang memang memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan hati Anda, yaitu sebagai berikut:

1. Anggur

Anggur menjadi salah satu makanan sehat yang mengandung antioksidan, vitamin C dan pektin. Buah yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya oyaitu untuk menjaga kesehatan organ hati. Selain itu, buah anggur juga mengandung senyawa glutathione yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh untuk mencegah kerusakan pada organ hati.

2. Bawang Putih

Makanan selanjutnya yang berguna untuk menjaga kesehatan hati oyaitu bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa alami yang disebut dengan allicin dan selenium. Nah, zat tersebut berguna untuk membantu proses pembersihan hati serta melindungi hati dari kerusakan akibat zat beracun.

3. Umbi

Tingginya kandungan betakaroten pada umbi-umbian sangat berguna untuk membersihkan hati dan mencegah kerusakan. Selain itu, flavonoid pada umbi-umbian bermanfaat untuk menstimulus fungsi hati secara menyeluruh.

4. Lemon

Kandungan antioksidan D-Limonene pada lemon berguna untuk mengaktifkan enzim di dalam hati serta membantu proses detoksifikasi hati.

5. Alpukat

Buah alpukat mengandung senyawa glutathione yang berguna untuk membersihkan hati dari racun yang berbahaya bagi tubuh. Konsumsi buah alpukat secara rutin untuk hati yang sehat.

6. Green Tea

Teh sangat terkenal dengan kandungan antioksidan yaitu polifenol. Terutama terdapat dalam teh hijau. Mengkonsumsi teh hijau secara teratur sangat berguna untuk menjaga kesehatan hati sehingga terhindar dari kerusakan.

7. Apel

Apel mengandung pektin dan serat larut yang berguna untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Mengkonsumsi apel bermanfaat untuk membersihkan hati dari zat-zat sisa yang bersifat racun.

8. Brokoli

Glucosinolates yang terkandung didalam brokoli berguna untuk membantu membuang zat-zat karsinogen dari dalam tubuh dan menjadi pembersih alami bagi tubuh. Masukan sayuran yang satu ini dalam daftar menu makan harian Anda untuk senantiasa menjaga kesehatan hati.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517