8 Jenis Makanan yang Menjadi Pantangan Asam Urat

Pantangan asam urat. Asam urat merupakan salah satu jenis peradangan yang memang rasanya sangat menyakitkan pada bagian sendi yang memang disebabkan oleh adanya penumpukan kristal asam urat. Jempul kaki merupakan salah satu target yang paling umum, namun asam urat ini juga kerap kali menyerang bagian kaki, pergelangan kaki, lutut bahkan tangan.

Serangan dari asam urat ini bisa berlangsung selama berhari-hari, bahkan berbulan-bulan. Dan orang-orang yang memiliki resiko tinggi mengalami asam urat adalam mereka kaum pria juga orang-orang yang gemuk.

Nah, jika Anda merupakan orang yang rentan mengalami asam urat, maka sebaiknya Anda menghindari beberapa jenis makanan yang memang menjadi pantangan asam urat. Apa sajakah makanan itu? Berikut ulasannya.

1. Kerang

Ketika Anda memiliki riwayat asam urat, maka sebaiknya Anda bisa menghindari beberapa jenis makanan laut juga daging. Mengapa? karena makanan seperti yang di sebutkan tadi merupakan jenis makanan hewani yang kaya akan kandungan purin, yang memang nantinya akan terurai menjadi asam urat yang berada di dalam tubuh. Dan sebaiknya, Anda bisa membatasi asupan makanan jenis ini.

2. Ikan tuna, teri dan ikan asin

Memang benar, ada beberapa jenis makanan laut yang bisa Anda konsumsi sekali-kali. Namun khusus untuk ikan teri, tuna juga ikan asin, sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut

3. Bir

Meminum bir merupakan bahaya ganda untuk mereka yang menderita asam urat. Karena bir ini bukan hanya bisa meningkatkan resiko asam urat Anda, namun bir juga bisa membuat keadaan tubuh Anda menjadi sulit untuk membersihkan kelebihan asam urat yang berada did alam tubuh.

Dan jika Anda hobi untuk mengkonsumi minuman seperti itu, maka wine merupakan pilihan yang jauh lebih baik daripada bir, namun meminumnya dalam jumlah banyak juga bukanlah ide yang baik untuk semua orang.

4. Daging mentah

Semua jenis daging memiliki kandungan purin yang berbeda-beda. Umumnya daging putih hanya mampu meningkatkan resiko asam urat lebih parah jika di bandingkan dengan daging merah. Namun jika Anda ingin mengkonsumsi daging merah sekali-kali, maka itu bisa Anda lakukan. Dan Anda dianjurkan untuk memilih jenis daging merah seperti daging sapi.

5. Kalkun

Daging kalkun juga daging angsa memiliki kandungan purin yang sangatlah tinggi, maka dari itu bagi Anda yang memiliki riwayat asam urat, Anda harus menghindari makanan tersebut.

6. Soft drink

Anda juga dianjurkan untuk menghindari minuman manis yang memang memiliki kandungan fruktosa sirup jagung dalam jumlah yang tinggi, seperti soda non-diet.

7. Sayuran dengan kandungan purin tinggi

Asparagus, kembang kol, bayam dan juga jamur memiliki kandungan purin yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya.

8. Jeroan

Jeroan hati juga ginjal merupakan jenis makanan yang termasuk kedalam makanan pantangan asam urat yang memang harus Anda hindari sepenuhnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517