8 Jenis Makanan Untuk Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami oleh wanita. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa kanker payudara disebabkan oleh faktor hormonal dan makanan. Menjaga kesehatan payudara tidak hanya dilakukan dari luar saja, namun memerlukan perawatan dari dalam dengan cara mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Kebiasaan buruk dalam mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junkfood menjadi penyebab utama timbulnya kanker payudara. Hal ini karena makanan tersebut mengandung lemak atau kolesterol jahat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Makanan berlemak pada umumnya berperan aktif dalam emicu pertumbuhan sel kanker. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis makanan yang berkhasiat untuk mencegah kanker payudara.

Berikut Jenis Makanan Untuk Mencegah Kanker Payudara

  1. Buah delima

Salah satu makanan untuk mencegah kanker payudara yaitu buah delima. Ellagic acid yang terdapat di dalam buah delima berperan penting dalam mengontrol kadar hormone estrogen. Pada dasarnya buah delima memiliki kemampuan dalam menghambat kinerja hormone yang bisa memicu sel kanker.

  1. Teh hijau

Teh biasanya menjadi salah satu sajian yang sangat cocok untuk di minum pada pagi hari. Selain aromanya harum dan rasanya enak, ternyata teh memiliki khasiat yang luar biasa dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara. Hal ini karena teh memiliki kemampuan dalam mengeluarkan zat karsinogen atau zat penyebab kanker dari dalm tubuh.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi. Menurut sebuah studi mengemukakan bahwa wanita yang rutin mengkonsumsi ikan salmon memiliki resiko terkena kanker lebih rendah daripada wanita yang tidak pernah.

  1. Bawang putih

Rempah-rempah yang sering digunakan sebagai tambahan makanan ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa dalam menghambat dan menghilangkan sel kanker dari dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan bagi wanita untuk menambahkan bawang outih ke dalam setiap masakan yang akan dikonsumsi sehari-hari.

  1. Jamur

Wanita yang rutin mengkonsumsi jamur dan teh hijau akan terhindar dari resiko kanker payudara. Kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan dari kedua makanan tersebut terbukti sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, terutama kanker payudara.

  1. Tomat

Kandungan likopen pada tomat bermanfaat untuk mencegah kanker. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi tomat secara rutin setiap hari sebagai upaya dalam mencegah penyakit yang berbahaya seperti kanker.

  1. Buah alpukat

Kandungan asam oleat pada buah alpukat terbukti sangat ampuh dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.

Demikian 8 jenis makanan yang berkhasiat dalam mencegah kanker payudara. Konsumsi yang rutin dan teratur serta dibarengi dengan berolahraga maka akan berdampak positif untuk mencegah penyakit kanker ganas.

Related Posts

Share This