8 Jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang mengakibatkan darah mengalir melalui pembuluh arteri melebihi tekanan normal. Jika tidak segera diatasi dan kondisinya semakin parah maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung atau stroke. Hal ini karena tekanan darah tinggi akan merusak arteri. Pada dasarnya tekanan darah tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik dan faktor usia.

Berkaitan dengan gaya hidup sehat, tentunya makanan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Beberapa jenis makanan seperti daging kambing menjadi pemicu tekanan darah tinggi. Hal ini karena makanan tersebut memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun disamping itu Anda tidak perlu khawatir karena ada makanan hipertensi. Makanan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi yaitu yang memiliki kandungan magnesium untuk menetralkan darah.

Berikut 8 Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Hipertensi

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan beta karoten dan vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, brokoli mengandung kromium yang berguna untuk mengataur kadar insulin dan gula dalam darah. Sayuran yang satu ini sangat dinajurkan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

  1. Gandum

Gandum di kenal sebagai makanan dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi lain yang terdapat pada gandum yaitu selenium, vitamin B dan protein bermanfaat untuk menjaga tekanan darah.

  1. Pisang

Makanan penderita hipertensi yang selanjutnya yaitu pisang. Mengkonsumsi pisang secara rutin sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke dan jantung. Pisang memiliki kandungan nutrisi seperti selenium yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kadar gula dalam darah.

  1. Almond

Mengkonsumsi almond secara rutin bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan nutrisi almond bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, dengan mengkonsumsi almind maka akan menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.

  1. Kacang mete

Kacang mete sangat kaya akan kandungan nutrisi seperti kalium, serat, tembaga dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah penyakit hipertensi.

  1. Kentang

Kandungan kalium pada kentang sangat tinggi sehingga berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium berperan penting dalam mengontrol dan mengatur keseimbangan tekanan darah. Selain itu, magnesium pada kentang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah stres yang bisa menjadi pemicu hipertensi.

  1. Buah-buahan

Alpukat, mengkudu dan zaitun adalah jenis buah yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan nutrisi pada buah sangat lengkap dan tidak perlu diragukan lagi. Konsumsi buah-buahan secara rutin bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah dan menekan resiko penyakit jantung.

  1. Biji bunga matahari

Cemilan yang satu ini sangat kaya akan kandungan magnesium yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Selain mengkonsumsi beberapa makanan sehat diatas, Anda juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Selain itu, untuk mengatasi tekanan darah tinggi sebaiknya Anda rutin untuk berolahraga.

Related Posts

Share This