8 Jenis Makanan Sehat Untuk Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh yang berfungsi dalam menyaring zat-zat berbahaya dari darah atau sisa-sisa metabolisme. Jika fungsi ginjal terganggu maka sangat beresiko mengakibatkan gangguan pada fungsi tubuh yang lainnya. Maka dari itu, menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang dalam menunjang tubuh yang sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ginjal.

Bagi Anda yang ingin memiliki ginjal sehat sebaiknya memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Hindari makanan mengandung natrium terlalu tinggi sebab akan menyebabkan gangguan terhadap kinerja ginjal . Selain itu, jangan memmbiasakan mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan alkohol ataupun mengkonsumsi makanan dan obat-obatan yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Inilah Jenis Makanan Sehat Untuk Ginjal Anda

  1. Kubis

Tahukah Anda bahwa kubis mengandung zat phtytocehemical yang berguna untuk melawan kanker dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, kubis juga mengandung vitamin C, vitamin K dan sumber asam folat terbaik. Dengan mengkonsumsi makanan yang satu ini maka sangat berguna dalam menjaga kesehatan ginjal.

  1. Kembang kol

Kandungan vitamin C, serat dan folat pada kembang kole berguna untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, kembang kol juga mengandung glucosianolates tiosianat yang berfungsi dalam membantu hati untuk menetralkan zat dan senyawa beracun yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Apel

Buah apel memiliki kandungan anti imflamasi yang berguna untuk mencegah penyakit kanker dan juga membantu memeilhara kesehatan serta kinerja ginjal.

  1. Stroberi

Buah mungil berwarna merah dengan rasa sedikit asam ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Kandungan zat fenol pada stroberi berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi struktur sel saraf tubuh serta mencegah kerusakan pada ginjal karena mengandung anti imflamasi.

  1. Anggur

Buah anggur merah memiliki flavonoid yang berguna dalam membantu melindungi jantung. Selain itu, flavonoid juga berperan penting dalam mencegah terjadinya peradangan kandung kemih dan melindungi kesehatan ginjal.

  1. Paprika merah

Sayuran yang satu ini memiliki banyak kandungan nutrisi luntuk kesehatan tubuh. Yang palin menonjol yaitu kandungan vitamin A dan C. Selain itu, paprika juga mengandung serat, folat dan vitamin B6. Manfaatnya yaitu sebagai antioksidan dan mencegah terjadinya peradangan sehingga berguna dalam menjaga kesehatan ginjal.

  1. Ceri

Buah mungil berwarna merah ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan. Ceri juga mengandung senyawa fitokimia dan antioksidan untuk mencegah terjadinya peradangan pada ginjal.

  1. Ikan

Jenis ikan yang mengandung lemak omega-3 berguna dalam menjaga kesehatan ginjal. Hal ini karena zat tersebut berfungsi sebagai anti imflamasi yang menjaga kesehatan ginjal dari berbagai gangguan.Konsumsilah jenis ikan tuna, salmon maupun makarel.

Related Posts

Share This