8 Faktor Penyebab Keguguran Berulang Yang Harus Anda Ketahui

Kehamilan merupakan suatu anugerah terindah bagi setiap pasangan suami isteri. Terkadang tidak semua pasangan dikaruniai anak setelah mereka menikah. Pada beberapa kasus, banyak yang kesulitan untuk mendapatkan kehamilan diakibatkan oleh faktor kesuburan dari suami ataupun  isteri. Disamping itu, yang mengakibatkan seseorang sulit untuk mendapatkan keturunan adalah faktor kekuatan rahim. Yang mana hal ini menjadi salah satu penyebab keguguran dan sulitnya memperoleh keturunan.

Keguguran merupakan suatu kondisi dimana pertumbuhan janin akan terhenti secara spontan pada usia dini, biasanya pada usia kehamilan diabawah 20 minggu. Pada umumnya wanita yang pernah mengalami keguguran akan mendapatkan kehamilan selanjutnya dalam keadan normal. Namun Keguguran bisa terjadi secara berulang jika kondisi rahim tidak bisa kembali seperti semula. Penyebab keguguran berulang salah satunya yaitu kondisi medis dari sistem reproduksi wanita terutama rahim.

Penyebab Keguguran Berulang

  1. Kelainan kromosom

Salah satu penyebab keguguran kandungan terjadi secara berulang yaitu adanya kelainan kromosom atau genetik. Dengan kata lain kondisi tersebut terjadi karena adanya kromosom abnormal. Kondisi janin yang abnormal akan memicu kontraksi sebelum waktunya untuk mengeluarkan janin dari dalam rahim.

  1. Kelainan sistem hormonal

Kelainan pada sistem hormonal bisa menjadi pemicu keguguran secara berulang pada ibu hamil. Kondisi tersebut terjadi ketika hormone prolaktin terlalu tinggi dan kadar hormone progesterone terlalu rendah.

  1. Peradangan pada lapisan rahim

Kondisi rahim yang mengalami peradangan akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan embrio. Jika embrio tidak berkembang maka rahim akan mengeluarkan secara paksa sebelum waktunya sehingga terjadi keguguran.

  1. Kelainan pada bentuk rahim

Bentuk rahim yang abnormal akan menyebabkan pembuahan terjadi secara tidak sempurna. Kemungkinan embrio akan menempel pada bagian yang tidak seharusnya sehingga hal ini sangat rentan dan beresiko mengakibatkan janin terlepas atau keguguran.

  1. Kondisi rahim lemah

Penyebab keguguran secara berulang yang selanjutnya yaitu kondisi rahim lemah sehingga tidak memungkinkan untuk janin berkembang. Rahim yang lemah senantiasa tidak akan memiliki kemampuan untuk menampung janin.

  1. Pengentalan darah

Pengentalan darah pada ibu hamil menjadi salah satu penyebab terjadinya keguguran secara berulang. Pengentalan darah akan mengakibatkan pasokan nutrisi untuk janin terhambat. Jika janin tidak mendapatkan asupan nutrisi maka kemungkinan tidak akan berkembang dan bahkan mengalami kematian. Janin yang tidak berkembang akan memicu kontrkasi rahim sehingga terjadi keguguran. Apabila kondisi seperti ini tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan keguguran pada kehamilan selanjutnya.

  1. Janin dianggap sebagai benda asing

Apabila sistem imun ibu hamil menganggap janin sebagai benda asing maka secara otomatis akan terjadi keguguran.

  1. Rahim terlalu subur

Keguguran secara berulang juga bisa diakibatkan oleh kondisi rahim ibu hamil terlalu subur. Hal ini memungkinkan terjadinya pelekatan embrio dengan kualitas yang rendah, namun embrio tersebut tidak berkembang di dalam rahim yang pada akhirnya terjadi keguguran.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517