8 Cara Terbaik Untuk Mengurangi Kaki Bengkak Saat Hamil

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka berat badan ibu hamil akan semakin meningkat. Hal ini karena janin di dalam kandungan berkembang dengan baik dan bobot tubuhnya bertambah. Namun di samping itu, ibu hamil kadang dihadapkan dengan keluhan seperti kaki bengkak. Kondisi tersebut terjadi karena kaki menopang beban yang lebih berat dari biasanya.

Kaki bengkak saat hamil merupakan hal yang wajar. Akan tetapi kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan karena mengganggu kenyamanan ibu hamil untuk beraktivitas. Anda harus segera mencari solusi yang tepat untuk mengatasi keluhan tersebut. Biasanya kaki bengkak pada ibu hamil terjadi ketika usia kehamilan memasuki trimester ketiga.

Berikut Ini Cara Mengurangi Kaki Bengkak Saat Hamil

Keluhan yang dirasakan selama hamil tentunya tidak terlepas dari pengaruh hormone. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  • Jika usia kehamilan sudah semakin membesar, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan berdiri dalam rentang waktu yang cukup lama. Hal ini karena bisa mengakibatkan kelelahan pada bagian otot dan sirkulasi darah. Selain itu, ketika Anda berdiri terlalu lama maka akan mangakibatkan banyak cairan menumpuk pada bagian kaki.
  • Pada waktu tidur, usahakan agar posisi kaki lebih tinggi daripada posisi kepala dan jantung untuk mengatur sirkulasi darah.
  • Hindari makanan yang mengandung kadar garam terlalu tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa garam memiliki sifat menyerap air. Jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang menagndung garam maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan sehingga bengkak pada bagian kaki.
  • Konsumsilah makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. Selain itu, disarankan bagi ibu hamil untuk memperbanyak minum air putih. Air putih berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah kelelahan.
  • Lakukan olahraga ringan secara rutin setiap hari. Salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan yaitu jalan santai pada pagi hari. Kegiatan seperti ini akan bermanfaat untuk meregangkan otot-otot kaki dan memperlancar sirkulasi darah di kaki.
  • Jangan menggunakan sepatu atau sandal yang memiliki hak tinggi. Sepatu hak tinggi sangat rentan mengakibatkan ibu hamil terjatuh sehingga membahayakan janin. Selain itu, ketika Anda menggunakan sepatu hak tinggi maka akan mengakibatkan terjadinya gangguan sirkulasi darah sehingga terjadi pembengkakan pada kaki.
  • Untuk mengurangi pembengkakan, Anda bisa melakukan pemijatan pada bagian kaki. Pijatan yang benar sangat berguna untuk melancarkan sirkulasi darah.
  • Lakukan gerakan ringan pada pergelangan kaki Anda untuk mengurangi pembengkakan. Gerakan ini bisa dilakukan sambil duduk dengan cara menggerakan pergelangan kaki secara melingkar atau di tekuk. Gerakan ringan ini akan membuat Anda rileks dan perlahan-lahan mengurangi pembengakakan pada kaki.

Nah, demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kaki bengkak saat hamil. Jika pembengkakan pada kaki terasa sakit dan membuat Anda tidak bisa berjalan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517