8 Cara Terbaik Untuk Membuat Bayi Tertidur Lelap Pada Malam Hari

Perlu Anda ketahui bahwa tidur bukanlah keadaan yang bisa dipaksakan kepada bayi. Sebagian orangtua mungkin mengalami permasalahan seputar tidur bayi pada malam hari. Sebagian bayi yang tertidur lelap pada malam hari dan ada pula bayi yang terbangun atau terjaga pada malam hari. Kondisi seperti ini tentunya membuat para orangtua merasa kerepotan dan tidak jarang membuat mereka merasa kewalahan dalam mengatasi kebiasaan bayi yang terbangun pada malam hari.

Dalam hal ini diperlukan cara yang tepat supaya bayi mendapatkan kualitas tidur yang baik sehingga Anda tidak lagi merasa kewalahan dalam mengurus bayi. Anda sebagai orangtua harus mengetahui faktor yang menyebabkan bayi terbangun pada malam hari sehingga dengan begitu akan lebih mudah untuk mengatasinya. Hal mendasar yang perlu dilakukan untuk membuat bayi tertidur lelap pada malam hari yaitu dengan menciptakan suasana atau lingkungan pengantar tidur yang tenang dan nyaman. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan bayi pada malam hari.

Cara Membuat Bayi Tidur Lelap Pada Malam Hari

Cara Untuk Membuat Si Kecil Tertidur Lelap Pada Malam Hari

  1. Pastikan suasana pada siang hari sangat nyaman

Suasana siang hari yang nyaman dan menyenangkan akan membuat keadaan pada malam hari lebih tenang dan damai. Pengasuhan yang penuh kasih sayang berupa belaian dan pelukan yang ibu berikan pada bayi akan membuat bayi lebih mudah untuk tertidur pada malam hari. Maka dari itu supaya bayi tertidur lelap pada malam hari, Anda harus menciptakan suasana pada siang hari yang menyenangkan bagi bayi.

  1. Jadwalkan tidur siang secara rutin dan teratur

Bunda harus menjadwalkan tidur siang bagi bayi secara rutin dankonsisten sehingga bayi akan tidur secara terus menerus serta terlelap pada malam hari. Selain itu, menjadwalkan tidur siang secara rutin bagi bayi akan berdampak positif bagi Bunda yaitu mendapatkan waktu istirahat siang yang mencukupi.

  1. Tenangkan bayi Anda dengan pijatan
Baca Juga:  5 Cara Cermat Memilih Susu Formula Untuk Anak

Tahukah Bunda kalau bayi juga membutuhkan pijatan untuk meregangkan otot-otot kecilnya. Nah, pijatan lembut atau mandi air hangat merupakan salah satu solusi untuk meregangkan otot-otot bayi sehingga bayin akan merasa lebih nyaman dan tertidur dengan mudah serta lelap pada malam hari.

  1. Membuat jadwal waktu tidur yang konsisten

Seperti halnya orang dewasa, bayi juga memerlukan waktu istirahat yang cukup. Pada waktu tidur terjadi proses pertumbuhan sehingga tidur yang berkualitas akan berpengaruh bagi bayi. Bunda harus membuat jadwal waktu tidur yang konsisten bagi bayi supaya bayi mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  1. Menggendong bayi sampai tertidur

Menggendong bayi merupakan salah satu cara untuk mebuatnya lebih mudah untuktertidur pada malam hari. Teknik menggendong yang baik dan dilakukan secara rutin pada siang hari akan berpengaruh bagi bayi pada malam hari. Bayi yang mempunyai masalah dengan tidur pada malam hari cenderung akan lebih tenang ketika digendong. Bunda bisa menggendong bayi sampai tertidur dan tenang. Cara ini akan membuat bayi lebih nyaman sehingga tidur dengan lelap.

  1. Menyusui bayi sampai tertidur

Menyusui bayi merupakan salah satu cara untuk membuatnya tenang pada malam hari. Dekapan Bunda akan membuat bayi lebih nyaman dan tenang sehingga bayi akan tidur nyenyak. Bunda bisa menyusui bayi secara rutin sampai tertidur. Cara seperti ini dinilai sangat efektif untuk membuat bayi lebih tenang pada malam hari. Proses menyusui merupakan salah satu sarana pengantar tidur bagi bayi.

  1. Membuat ritual pengantar tidur bagi bayi

Cara lain untuk membuat bayi tertidur lelap yaitu membuat ritual menjelang tidur bagi bayi seperti memandiikan bayi dengan air hangat, menyusui dan menggendong bayi. Melakukan kegiatan seperti ini bayi akan merasa lebih tenang sehingga mendapatkan kualitas tidur yang baik sepanjang malam.

  1. Memberikan dekapan pengantar tidur
Baca Juga:  Inilah Jenis Penyakit Pada Bayi Baru Lahir yang Harus Diwaspadai

Ada sebagian bayi yang merasa nyaman ketika tertidur di dekapan sang Bunda sehingga ketika akan diletakan bayi menangis. Untuk membuat bayi tertidur nyenyak sebaiknya Bunda memberikan dekapan pengantar tidur sampai bayi benar-benar terlelap. Bunda bisa berbaring disamping si kecil sambil mendekapnya sampai dia benar-benar merasa nyaman dan tertidur lelap.

Nah, demikianlah cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat si kecil tertidur lelap pada malam hari. Ketika bayi tertidur lelap maka akan berdampak positif bagi pertumbuhannya. Selain itu, bayi yang tidur nyenyak juga akan bermanfaat bagi Anda dalam mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517