7 Trik Jitu Berbicara Dengan Bayi Untuk Menstimulasi Perkembangannya

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa berbicara dengan bayi adalah sesuatu yang tidak penting karena bayi tidak akan mengerti dengan ucapan kita. Pernyataan tersebut perlu diluruskan karena secara tidak langsung kebiasaan mengajak bayi berbicara akan memberikan dampak positif bagi perkembangan bayi. Menurut sebuah penelitian menunjukan bahwa anak-anak yang sering diajak berbicara pada waktu masih bayi akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik.

Mengajak bayi untuk berbicara sebenarnya bisa dilakukan sejak bayi masih di dalam kandungan. Ketika di dalam kandungan bayi sudah bisa mendengar suara dari luar sehingga sang ibu bisa mengajak bayi berbicara sebagai salah satu stimulasi untuk membantu perkembangan otaknya.

Berbicara Dengan Bayi

Berikut Ini Ada Beberapa Trik Untuk Mengajak Bayi Berbicara

Pandangan fokus pada bayi

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk berbicara pada bayi yaitu pandanglah mata bayi sehingga perhatiannya akan terfokus pada Anda. Dengan begitu bayi akan terlihat seperti menanggapi sehingga Anda bisa memulai untuk berbicara.

Panggil bayi dengan namanya sendiri

Meskipun bayi belum mengerti dengan sebutan atau namanya sendiri, akan tetapi ketika berbicara sebaiknya Anda memanggil bayi dengan nama aslinya. Hal ini untuk menstimulasi psikologis bayi sehingga terpacu untuk mengenali sebutan tersebut. Lama kelamaan nbayi akan terbiasa mendengar penggilan spesial tersebut.

Mengajak bayi berbicara dengan cara sederhana

Nah, langkah selanjutnya untuk mengajak bayi berbicara Anda bisa melakukannya dengan cara sederhana. Misalnya menggunakan dua atau tiga kata disertai dengan huruf vocal seperti “caaantik”. Kemudian untuk memperkenalkan sebutan Anda sebagai orangtua sebaiknya gunakan kata “mamah” dan “papah”.  Cara sederhana ini akan lebih mudah untuk menstimulasi perkembangan bayi karena bayi akan lebih mudah untuk mengertin setiap ucapan Anda.

Membacakan buku cerita pada bayi

Cara ini untuk merangsang bayi supaya mengenal lebih banyak kosa kata. Dengan begitu akan memudahkan Anda untuk mengajaknya berbicara. Cerita yang dibacakan dengan suara yang lantang akan membuat bayi terfokus seakan mengerti dengan apa yang Anda bicarakan. Setelah membacakan cerita tersebut Anda bisa mulai untuk mengajak bayi berbicara dengan menggunakan kosa kata yang terdapat pada buku cerita yang telah dibacakan sebelumnya.

Menggunakan musik

Musik merupakan salah satu media yang bisa Anda gunakan untuk mengajak bayi berbicara. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa nyanyian akan memberikan pengaruh yang nyata bagi perkembangan otak bayi dibandingkan dengan ucapan yang dilontarkan tanpa musik. Bayi akan menunjukan reaksi yang lebih antusias ketika Anda memutar lagu sehingga hal tersebut akan menstimulus otak bayi untuk mengenali kosa kata yang disampaikan lewat lagu tersebut. Anda juga bisa mengulang kata-kata pada lagu tersebut untuk lebih memperjelas pada bayi.

Menciptakan suasana yang menyenangkan

Supaya bayi tidak merasa bosan ketika diajak berbicara sebaiknya Anda lebih kreatif dalam menjaga suasana. Anda dituntut untuk menciptakan dan menghidupkan suasana. Dengan begitu bayi akan lebih tertarik dan lebih mudah untuk mengingat kata-kata yang Anda ucapkan. Hal yang perlu Anda ingat yaitu jangan mengucapkan kata-kata dengan gaya bahasa yang monoton karena bisa membuat bayi merasa cepat bosan.

Mengajukan pertanyaan pada bayi

Ajukan pertanyaan secara alami pada bayi seperti “cantik mau makan?”. Anda tidak perlu mengharapkan respon cepat dari bayi karena hal ini sebagai salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan bayi dalam mengenali kosa kata. Selain itu, mengajak bayi berbicara juga bermanfaat untuk menstimulus perkembangan otak bayi.

Nah, itulah 7 trik untuk mengajak bayi berbicara sebagai salah satu cara dalam menstimulus perkembangan otaknya. Mengajak bayi berbicara akan berdampak positif bagi perkembangan psikologisnya dalam jangka panjang.

Related Posts

Share This