7 Tips Penting Untuk Ibu Hamil 8 Bulan

Periode hamil 8 bulan merupakan momen yang sangat mendebarkan bagi semua wanita hamil. Terlebih lagi jika kehamilan pertama Anda jalani. Kondisi cemas dan was-was merupakan hal yang wajar adanya pada ibu hamil. Oleh karena itu, perlu dicari solusi tepat sehingga tidak akan membahayakan kesehatan dan juga perkembangan janin didalam kandungan.

Menjaga kesehatan pada kehamilan 8 bulan memang sangat penting mengingat pada fase tersebut terjadi penyempurnaan tumbuh kembang janin. Kesehatan ibu hamil akan memberikan pengaruh positif dan negatif terhadap janin. Selain itu, asupan makanan yang bergizi sangat menentukan perkembangan janin.

Kesehatan fisik dan psikologis harus senantiasa dijaga selama kehamilan, terlebih lagi jika sudah memasuki kehamilan tahap akhir. Banyak hal yang sebaiknya Anda lakukan dan hindari sehingga proses persalinan akan berjalan dengan lancar.

Berikut Ini Tips Kehamilan 8 Bulan

Hindari Diet

Diet selama hamil memang kurang dianjurkan karena dikhawatirkan akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Bagi Anda yang memasuki kehamilan tahap akhir atau usia kehamilan 8 bulan sebaiknya hindari diet. Perbanyak konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah. Selain itu perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi, kalsium dan protein.

Posisi Tidur Yang Nyaman

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka banyak keluhan yang akan Anda rasakan. Salah satunya yaitu ketika Anda tidur. Rasanya akan sulit untuk menemukan posisi tidur yang nyaman karena perut semakin membesar.

Untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman yaitu dengan posisi tidur miring, lutut dan kaki ditekuk. Gunakan bantal untuk menyangga perut serta lutut supaya janin didalam kandungan merasa lebih nyaman.

Olahraga Ringan

Melakukan gerakan olahraga ringan secara teratur memang disarankan bagi ibu hamil tahap akhir. Hal ini untuk menguatkan otot perut dan menyiapkan tubuh menjelang persalinan. Olahraga ringan yang bisa Anda lakukan jalan-jalan santai atau peregangan ringan.

Hindari Melakukan Perjalan Jauh

Menginjak usia kehamilan 8 bulan sebaiknya jangan melakukan perjalan jauh. Mengapa demikian? Hal ini karena jika Anda melakukan perjalan jauh pada kehamilan tahap akhir dikhawatirkan akan menyebabkan kelelahan sehingga berpengaruh terhadap kesehatan Anda dan janin menjelang persalinan. Jika hal tersebut terjadi maka kemungkinan akan menyebabkan masalah serius pada proses persalinan.

Hindari Stres

Secara tidak langsung stres bisa mempengaruhi kehamilan. Stres akan mengganggu kesehatan Anda yang kemudian berpengaruh terhadap kesehatan janin dan bisa menjadi penghambat kelancaran persalinan.

Kurangi Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas tidak dilarang bagi ibu hamil, namun sebaiknya konsumsi makanan pedas di kurangi karena dikhawatirkan akan berdampak terhadap kesehatan pencernaan Anda. Apabila terjadi gangguan pada sistem pencernaan maka bisa berampak terhadap penyerapan nutrisi, dehidrasi dan gangguan lainnya yang akan mempengaruhi kesehatan janin.

Mengabaikan Asupan Makanan Yang Bergizi

Jangan pernah menyepelekan kebutuhan nutrisi selama hamil karena dampaknya akan sangat fatal terhadap janin. Perhatikan kebutuhan nutrisi dengan konsumsi aneka makanan yang bervariasi. Lengkapi kebutuhan protein, vitamin, lemak, kalsium dan mineral penting lainnya.

Perhatikan konsumsi makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan lengkapi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih. Hindari jenis-jenis makanan yang bisa membahayakan kesehatan pencernaan seperti makanan pedas ataupun asam.

Pada kehamilan 8 bulan, perbanyak informasi seputar persalinan supaya Anda labih siap untuk menjalaninya. Selain itu berkonsultasilah dengan dokter dan lakukan pemeriksaan seputar perkembangan janin didalam kandungan.

Related Posts

Share This