7 Tips Melahirkan Normal Tanpa Luka Jahitan

Melahirkan merupakan salah satu momen penting dan berkesan bagi seorang wanita. Hal ini memang sudah menjadi kodrat bagi setiap wanita di dunia ini. Persalinan normal tanpa adanya gangguan salah satu hal yang didambakan. Namun terkadang kondisi fisik tertentu mengharuskan adanya tindakan medis yang menyebabkan terjadinya robekan pada area kewanitaan saat melahirkan. Pada kesempatan ini penulis akan memberikan tips melahirkan normal tanpa adanya jahitan akibat robekan pada waktu mengejan.

Robekan pada organ kewanitaan yang dilakukan oleh tim medis disebut dengan istilah episiotomi. Tindakan tersebut dilakukan dalam upaya memperlebar jalan lahir sehingga memudahkan bayi untuk keluar. Banyak faktor yang mengharuskan tindakan episiotomi diantaranya yaitu kondisi janin yang terlalu besar ataupun adanya hambatan pada jalan lahir.

Berikut Ini Tips Melahirkan Normal dan Terhindar Dari Luka Jahitan

  1. Persiapkan Diri Sebelum Persalinan

Persiapan diri menjadi salah satu fokus penting untuk menjalani persalinan normal dan terhindar dari jahitan. Lalu tindakan apa saja yang harus dipersiapkan? Adapun latihan yang bisa Anda jalani yaitu melatih otot kewanitaan dengan senam kegel atau pijatan perineum. Latihan sederhana ini akan memperkuat otot-otot di bagian lubang pengeluaran atau jalan lahir bayi.

  1. Hindari Kelelahan

Mendekati proses persalinan sebaiknya ibu hamil senantiasa menjaga kebugaran tubuh dan jauhi segala aktivitas yang bisa memicu kelelahan. Secara tidak langsung kelelahan akan membuat Anda tidak memiliki energi yang cukup dalam mengejan. Hal inilah yang akan memperlambat proses pengeluaran bayi sehingga tim medis akan melakukan tindakan episiotomi untuk menyelamatkan bayi. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil mempergunakan lebih banyak waktu untuk beristirahat sebagai upaya untuk memperoleh persalinan normal.

  1. Latihan Ringan Memperkuat Otot

Latihan ringan yang dilakukan pada trimester akhir kehamilan sangat berguna untuk kelancaran persalinan. Latihan ini juga akan mendorong posisi bayi menuju jalan lahir dan terhindar dari posisi sungsang. Contoh latihan ringan yang bisa Anda lakukan yaitu jalan kaki pagi ataupun senam ringan.

  1. Konsumsi Buah Alpukat dan Minyak Zaitun

Buah alpukat dan minyak zaitun sebaiknya Anda konsumsi pada tahap akhir kehamilan. Selain itu konsumsi juga teh daun raspberry. Makanan sehat ini akan membantu peregangan otot-otot yang dibutuhkan pada saat kontraksi persalinan.

  1. Hindari Mengangkat Bokong

Jangan Mengangkat bokong pada waktu mengejan karena hal ini bisa memicu terjadinya robekan semakin besar pada jalan lahir bayi. Apabila bokong terangkat dan tidak ada penyangga maka otot dibagian perineum akan lebih mudah robek.

Nah, demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya robekan saat proses persalinan. Disamping itu, konsumsilah makanan bergizi untuk memperkuat otot dari bagian dalam.

Related Posts

Share This