7 Tips Aman Memilih Makanan Sehat Untuk Si Kecil

Ketika Anda hendak memilih makanan untuk si kecil, maka sebaiknya Anda pilih makanan sehat yang baik dan memiliki nutrisi yang baik pula untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Dan pastikan kalau Anda memilih jenis makanan yang segar yang memang dalam keadaan yang prima. Selain untuk menjamin nutrisi yang terkandung di dalamnya, mengkonsumsi makanan yang segar juga bisa menghindarkan si kecil dari resiko meracunan bahan makanan.

Anda juga harus menghindari si kecil dari bahan makanan yang memang sudah kadaluarsa, apalagi sudah mengalami perubahan warna, bau juga rasa. Dan di bawah ini ada beberapa tips dalam memilih makanan sehat untuk anak dan keluarga, yaitu sebagai berikut:

  1. Beras

Kandungan vitamin B juga serat yang terdapat pada beras terdapat pada bagian kulit arinya, sehingga beras yang bagus yaitu beras yang masih memiliki kulit ari. Bukan hanya itu, beras yang baik dan sehat juga tidak memiliki bau apek, tidak berkutu, dan setiap butirnya tidak slaing menempel.

Maka dari itu, ketika Anda membeli beras, Anda harus benar-benar waspada. Belilah beras di tempat yang memang terpercaya, karena ada beberapa pedagang beras yang memang tidaklah bertanggung jawab. Dan mungkin saja beras yang di pasarkan telah dicampur dengan beberapa bahan kimia, seperti pemutih juga pewangi demi merauk keuntungan.

  1. Sayur dan buah

Ketika membeli buah dan sayuran, pilihlah sayuran dan buah yang masih segar, yang memiliki warna cerah, serta dengan tingkat kematangan yang pas. Anda juga dianjurkan untuk memeriksa apakah buah atau sayuran yang akan dibeli sudah berubah warna, bau, dan rasanya tidak enak, jika iya, maka Anda harus menghindari untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang memiliki tekstur seperti itu.

  1. Tepung-tepungan

Tepung yang layak di konsumsi tidak memiliki bau apek, tidak menggumpal, serta tidak berkutu. Anda harus menghindari memilih tepung yang memang sudah kadaluarsa, walaupun keadaannya masih terlihat bagus.

  1. Ikan dan daging sapi

Ikan yang masih dalam keadaan segar memiliki insang yang berwarna merah serta tidak memiliki bau amis. Dan jika di tekan dnegan menggunakan jari, maka keadaan dagingnya tidak meninggalkan bekas lekukan. Sedangkan untuk daging yang masih segar, nampak berwarna merah cerah, tidak berair, serta tidak memiliki bercak yang gelap. Jika di pegang, tidak lengket juga tidak lembek.

 

  1. Daging ayam

Ciri dari daging ayam yang masih memiliki kualitas yang bagus yaitu terlihat segar dengan keadaan kulit yang mengkilap dan adging yang masih kenyal. Dan untuk ayam yang mati sebelum di potong atau tiren biasanya memiliki ciri memar di bagian kulit, terutama di bagian kulit sayap.

  1. Telur ayam

Berdasarkan ungkapan dari Dra, Atat Siti Nurani, Msi, dari Fakultas Pendidikan dan Teknologi Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia, telur ayam yang baik yaitu telur ayam yang memiliki ciri berkulit mulus serta tidak retak, tidak terapung jika di rendam di dalam air, serta memiliki putih telur yang jernih.

Ciri lain dari tekur yang segar yaitu, jika di pecah dan di simpan di dalam piring, maka nampak kuning telurnya tinggi atau bahkan tidak datar, bahkan putih dan kuning telur sangat mudah untuk di pisah, serta tidak memiliki aroma busuk.

  1. Tahu dan tempe

Keadaan tahu dan tempe yang masih segar pastinya tidak berlendir, tidak memiliki aroma busuk, memiliki bentuk yang utuh, serta tidak akan berubah warna.

Related Posts

Share This