6 Tips Agar Persalinan Lancar dan Normal

Tips agar persalinan lancar. Memasuki kehamilan tahap akhir dan menghadapi persalinan biasanya perasaan cemas akan melanda ibu hamil. Bahkan tak jarang kondisi tersebut menyebabkan ibu hamil stres. Cemas mengahadapi persalinan memang hal yang wajar, terlebih lagi bagi wanita yang baru pertama lkali akan menjalani proses tersebut. Namun hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut sebab bisa mempengaruhi kesehatan janin.

Stres pada waktu hamil bisa memicu sejumlah gangguan pada janin dan menghambat persalinan normal. Oleh karena itu bagi Anda yang baru pertama kali menghadapi persalinan sebaiknya bersikap tenang dan perbanyak informasi dengan cara berkonsultasi pada dokter. Selain itu, ada beberapa kagiatan sederhana yang bisa Anda lakukan menjelang persalinan. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Senam hamil

Untuk mempersiapkan diri secara fisik dan psikis menghadapi persalinan maka ibu hamil disarankan untuk mengikuti senam khusus. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan senam hamil yaitu untuk melenturkan area pada jalan lahir bayi, mempersiapkan kontraksi rahim supaya lebih efektif dan memperlancar penurunan pada bagian bawah bayi untuk menuju ke jalan lahir.

  1. Pijat Refleksi

Lakukan pijat refleksi oleh terapis yang ahli untuk membantu menyeimbangkan sistem didalam tubuh dan merangsang proses persalinan secara normal. Pijat refleksi sebaiknya dalam pengawasan dokter supaya tidak membahayakan kehamilan.

  1. Hilangkan Perasaan Cemas

Perasaan cemas menjelang persalinan merupakan hal yang wajar dan pastinya dialami oleh setiap ibu hamil. Namun dalam hal ini sebaiknya Anda bisa mengontrol perasaan cemas tersebut supaya tidak menghambat persalinan. Perbanyak konsultasi dengan dokter dan orang terdekat yang sudah memiliki pengalaman melahirkan.

  1. Latihan Birthing Balls

Latihan ini bisa Anda lakukan menjelang persalinan untuk membantu bayi dalam kandungan bergerak. Untuk melakukan latihan ini yaitu dengan cara duduk pada bola yang lentur dan lembut sambil menggerakan tubuh. Nah, dari gerakan tubuh tersebut akan mendorong bayi pada posisi tepat menuju ke jalan lahir. Biasanya latihan ini satu paket dengan senam hamil atau yoga.

  1. Jalan Kaki

Cara sederhana dan murah yang bisa Anda lakukan yaitu berjalan kaki santai setiap pagi secara rutin. Membiasakan jalan kaki berguna untuk melancarkan sirkulasi darah menjelang persalinan sehingga nantinya bayi akan terlahir dengan proses normal dan lancar.

  1. Stimulasi Payudara

Stimulasi payudara biasanya dilakukan ketika persalinan dirasa sulit. Stimulasi pada putting payudara berguna untuk mengeluarkan hromon oksitosin sehingga memicu rahim untuk berkontraksi. Stimulasi putting bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan dari suami Anda. Dalam melakukan stimulasi putting sebaiknya tidak berlebihan sebab bisa menyebabkan kontraksi yang tidak terkendali sehingga membahayakan bayi.

Baca juga : jenis jenis persalinan

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan menjelang persalinan supaya berjalan normal dan lancar. Ibu hamil sebaiknya bisa mengontrol emosi sehingga terhindar dari gangguan menjelang persalinan. Perasaan tenang dan tidak stres akan membuat bayi terlahir dengan lancar.

Related Posts

Share This