7 Tips Agar Bayi Tidak Sungsang

Kehamilan yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang. Perlu Anda ketahui bahwa kondisi kandungan yang sehat akan membuat proses persalinan lancar. Pada dasarnya untuk menjaga kehamilan supaya dalam keadaan sehat hingga menjelang persalinan adalah hal yang mudah. Dalam hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah asupan makanan yang bergizi, pemeriksaan rutin dan menghindari aktivitas berbahaya agar bayi tidak sungsang.

Pencegahan sejak dini agar janin tidak sungsang bisa dilakukan dengan cara rutin memeriksakan kandungan ke dokter. Dengan begitu maka jika ada hal yang janggal bisa ditangani dengan cepat sejak dini. Secara umum sungsang diartikan sebagai kondisi bayi dengan posisi bokong dibawah dan kepala bayi terletak jauh dari jalan lahir.

Berikut Tips Agar Posisi Janin Tidak Sungsang

Dalam mencegah terjadinya sungsang dan agar posisi kepala janin berada dibawah menjelang persalinan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut:

  • Senam hamil

Aktivitas yang bisa mencegah terjadinya posisi bayi sungsang yaitu dengan rutin mengikuti kegiatan senam hamil. Contohnya yaitu yoga ataupun senam kolam. Manfaat dari melakukan senam kolam yaitu untuk memberikan ruang dan keleluasaan pada bayi dalam bergerak. Selain itu, manfaat senam ini yaitu untuk membuat otot bagian perut lebih rileks.

  • Pijat

Anda bisa melakukan pemijatan lembut pada bagian perut dengan menggunakan kedua tangan untuk memberikan stimulus pada bayi sungsang sehingga kembali ke posisi yang normal. Pijatan tersebut harus dilakukan searah jarum jam.

  • Pikiran positif

Hindari aktivitas dan hal-hal yang bisa memicu stres. Ibu hamil hendaknya selalu berpikiran posistif untuk mencegah janin di dalam kandungan dari gangguan yang bisa menghambat persalinan. Dengan selalu berpikiran positif maka diharapkan akan mencegah terjadinya bayi sungsang.

  • Lakukan posisi sujud

Metode sujud merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam mencegah terjadinya bayi sungsang. Lakukan metode ini secara rutin dan teratur dengan cara yang benar. Lakukan minimal 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

  • Musik

Memperdengarkan musik dengan alunan nada yang lembut dinilai ampuh untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, metode ini ternyata bisa mencegah posisi sungsang dan bayi senantiasa dalam keadaan normal.

  • Tempelkan benda dingin

Cara lain dalam mencegah bayi dalam kandungan sungsang yaitu menggunakan benda dingin yang ditempelkan pada perut. Ketika benda tersebut ditempelkan maka bayi akan menjauhinya sehingga posisinya akan kembali pada kondisi normal dan bagian kepalanya menuju ke jalan lahir.

  • Menggunakan cahaya

Anda bisa mengarahkan cahaya senter pada bagian perut tepat ke bagian kepala bayi. Kemudian gerakan cahaya tersebut kearah jalan lahir sehingga akan menarik janin untuk mengikuti cahaya tersebut.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517