7 Tanda Kehamilan Tidak Sehat dan Bermasalah

Bagi Pasangan suami istri yang belum mempunyai anak, kehamilan merupakan moment yang membahagiakan dan paling dinantikan. Segala cara dilakukan untuk menjaga janin yang ada di dalam kandungan. Namun terkadang banyak kendala yang tidak bisa di duga yang mengakibatkan kehamilan bermasalah. Pada sebagian kasus, tanda kehamilan yang bermasalah tidak bisa di deteksi sejak awal sehingga menghambat perkembangan janin di dalam kandungan.

Pemeriksaan kehamilan secara rutin sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya kelainan pada janin di dalam kandungan. Tanda kehamilan bermasalah terkadang tidak bisa di deteksi sejak awal karena gejalanya belum terlalu parah. Kehamilan yang bermasalah akan berdampak negatif terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Biasanya janin akan mengalami kelainan dan pertumbuhan yang terlambat. Dalam kondisi yang lebih parah bisa mengakibatkan janin meninggal di dalam kandungan.

Berikut 7 Tanda Kehamilan Tidak Sehat Yang Perlu Anda Waspadai

Kehamilan yang tidak sehat dan bermasalah bisa diakibatkan oleh banyak hal. Salah satunya yaitu kondisi kesehatan sang ibu dan kekurangan asupan nutrisi. Dibawah ini ada beberapa tanda kehamilan tidak sehat yang perlu Anda ketahui.

  1. Tanda kehamilan bermasalah yang pertama yaitu sering mual dan muntah. Kondisi tersebut berbeda dengan morning sickness yang terjadi pada awal kehamilan. Muntah yang sering dialami oleh ibu hamil tentunya akan mengganggu asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Selain itu, gejala ini sangat rentan membuat ibu hamil mengalami dehidrasi. Oleh karena itu jika Anda mengalami gejala mual dan muntah yang tidak biasa, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kendungan untuk mencegah hal yang lebih buruk terjadi pada kehamilan Anda.
  2. Terjadi kontraksi pada usia kehamilan trimester kedua. Kondisi ini sangat beresiko mengakibatkan terjadinya persalinan secara prematur atau bahkan kematian janin. Kontraksi hebat yang terjadi pada trimester kedua sebaiknya jangan dibiarkan. Segera lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi janin di dalam kandungan.
  3. Ibu hamil sering mengalami kram pada tahap awal kehamilan. Pada dasarnya kram merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Namun kram yang menjadi gejala adanya masalah pada kehamilan terjadi dengan intensitas yang sering dan berlangsung lama.
  4. Mengalami infeksi pada saluran kencing sehingga kerap kali merasakan panas pada saat buang air kecil. Kondisi kesehatan ini sangat rentan mengganggu kehamilan sehingga harus segera ditangani dengan benar.
  5. Beberapa bagian tubuh seperti tangan dan kaki mengalami pembengkakan yang tidak biasa. Kondisi tersebut bisa menjadi salah satu indikasi adanya masalah atau kelainan yang terjadi pada kehamilan Anda. Untuk lebih jelasnya Anda harus berkonsultasi dengan medis dan jangan menyepelekan kondisi tersebut.
  6. Sering muncul bercak darah atau flek merah pada tahap awal kehamilan. Jika flek yang muncul masih dalam batas wajar berarti masih termasuk ke dalam tanda kehamilan, namun apabila flek yang keluar terus menerus dan terkadang dalam jumlah yang banyak maka ga=harus diwaspadai. Terlebioh lagi jika disertai rasa nyeri pada bagian vagina.
  7. Tanda kehamilan bermasalah yang selanjutnya yaitu tidak adanya pergerakan janin di dalam kandungan. Janin yang normal biasanya akan melakukan gerakan-gerakan yang bisa dirasakan oleh ibu hamil. Dalam kasus seperti ini Anda harus segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi janin di dalam kandungan.

Demikian 7 tanda kehamilan tidak sehat dan bermasalah yang harus Anda waspadai. Pemeriksaan kehamilan secara rutin sangat bermanfaat untuk mendeteksi kelainan sejak dini yang terjadi pada kehamilan Anda sehingga bisa dilakukan penanganan lebih cepat. Selain itu untuk menjaga kesehatan tubuh dan janin yang ada di dalam kandungan sebaiknya Anda memperhatikan asupan nutrisi untuk setiap tahap kehamilan.

Related Posts

Share This