7 Poin Penting Tentang Bahaya Mandi Malam, Mitos Atau Fakta?

Bahaya mandi malam. Mungkin kita sering kali mendapat teguran dari orangtua, ketika kita hendak mandi di malam hari. Bahkan, mereka akan mengatakan kalao mandi di malam hari sangat berbahaya untuk kesehatan. Bahkan ketika itu, kita akan terserang oleh beberapa jenis penyakit, diantaranya seperti terkena rematikn bahkan beberapa jenis penyakit lainnya

Jika seperti itu, bagaimana jika karena aktivitas harian kita yang mengharuskan kita untuk mandi di malam hari? Dan, benarkan bahwa mandi malam bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit? Nah, di bawah ini ada beberapa poin terkait bahaya mandi malam yang memang harus Anda perhatikan, yang bisa Anda ketahui kebenarannya, yaitu sebagai berikut:

1. Mandi malam menyebabkan penuaan dini

Konon katanya, mandi di malam hari bisa menyebabkan terjadinya penuaan dini. Bahkan, beberapa diantaranya mengatakan bahwa kondisi tubuh kita tidak kuat untuk menerima rangsangan dari air dingin, ketika kita mandi di malam hari. Dan hal tersebut mengakibatkan metabolisme tubuh kita menjadi meningkat. Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan asupan kalori juga oksigen yang jumlahnya cukup tinggi untuk menstabilkan kondisi tersebut.

2. Mandi Malam Menyebabkan Paru Paru Basah

Bahkan, ketika kita mandi di malam hari, hal tersebut juga bisa menyebabkan bagian paru-paru basah. Namun ternyata, hal tersebut hanyalah sebuah mitos yang sampai saat ini masih belum di ketahui kebenarannya. Karena paru-paru basah terjadi karena adanya infeksi dari virus serta bakteri yang memang berasal dari udara. Orang yang menderita jenis penyakit ini umumnya akan mengalami batu berdahak, mengalami kesulitan untuk bernapas, hingga kondisi badan yang menggigil. Dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan mandi di malam hari.

3. Asam Urat

Kabarnya mandi di malam hari juga bisa mengakibatkan serangan asam urat. Namun hal tersebut juga masih sekedar mitos. Karena jenis penyakit ini sebenarnya bisa terjadi ketika seseorang yang mengalami kondisi ini mengkonsumsi zat purin dalam jumlah yang banyak, sehingga kadar asam urat menjadi bertambah.

4. Mandi malam menyebabkan metabolisme tubuh terganggu

Mandi malam bisa menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu, benar atau tidak? Hal ini ada benarnya, karena ketika malam hari, kondisi suhu dari tubuh kita lebih cenderung melemah serta membutuhkan istirahat yang cukup. Jika kita mandi di malam hari dan ketika itu pori-pori kembali terbuka, maka air tersebut akan berhasil masuk kedalam tubuh serta bisa menyebabkan adanya gangguan hormon di dalam tubuh.

5. Mandi malam menyebabkan masuk angina

Hal ini jelas benar, karena jelas malam hari merupakan waktu yang tepat untuk beristirahat. Dan ternyata, mandi di malam hari hanya akan menyebabkan tubuh menjadi masuk angina dan meriang. Terutama ketika suhu tubuh Anda masih ada dalam kondisi panas juga tinggi.

6. Mandi malam bisa membuat demam

Berkaitan dengan pori-pori tubuh serta suhu panas tubuh yang terus meningkat di malam hari, maka sebaiknya Anda menghindari mandi di malam hari. Hal ini dikarenakan, jika kondisi suhu tubuh Anda panas, dan kita menyiramnya dengan air dingin di malam hari, maka keadaan pori-pori kulit yang tengah terbuka akan menyebabkan kondisi badan kita menjadi panas dingin, layaknya orang demam.

7. Mandi malam bisa berdampak pada nyeri otot

Banyak diantaranya orang-orang yang memang melakukan rutinitas mandi di malam hari yang kerap kali merasakan nyeri di sekitar otot, dan hal ini dikarenakan air dingin di malam hari yang masuk kedalam tubuh melaluipori-pori kulit.

Nah, itu dia beberapa mitos dan fakta seputar bahaya mandi malam hari. Bukan hanya bahaya mandi di malam hari, namun ternya amandi di malam hari juga memiliki manfaat yang juga baik untuk tubuh, diantaranya seperti mengembalikan kondisi fisik dan emosi, mencegah insomnia, memberikan ketenangan, juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Related Posts

Share This