7 Penyakit Kelamin Yang Perlu Diwaspadai Wanita

Menjaga kebersihan organ intim merupakan salah satu hal yang penting dan wajib dilakukan oleh setiap wanita. Organ intim adalah bagian yang sangat sensitif dan rentan terhadap penyakit akibat infeksi bakteri. Penyakit kelamin wanita umumnya memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Berikut Penyakit Kelamin Wanita Yang Perlu Diwaspadai

  1. Keputihan

Keputihan merupakan hal yang wajar dan semua wanita pasti mengalaminya. Namun yang membedakannya adalah dari segi jenis keputihan tersebut. Keputihan patologis (abnormal) tentunya sangat berbahaya terhadap kesehatan wanita. Resiko keputihan abnormal yaitu akan menyebabkan kemandulan dan bahkan kematian. Gejala penyakit kelamin ini ditandai dengan cairan berwarna kuning kehijauan dan berbau busuk. Penyebabnya yaitu bakterti/jamur candida albicans.

  1. Bartholinitis

Penyakit kelamin wanita yang selanjutnya yaitu bartholinitis. Penyakit bartholinitis merupakan infeksi pada bagian kelenjar bartholin yang terletak pada bagian bawah labia. Penyebab penyakit kelamin ini yaitu infeksi bakteri basil dan streptococcus. Bakteri tersebut menyebabkan bibir vagina yaitu labia mayora dan minora membengkak. Jika penyakit ini tidak segera ditangani dengan benar maka sangat beresiko menyebabkan kista bartholin.

  1. Kandidiasis

Penyakit ini disebabkan oleh jamur candida albicans yang menginfeksi kulit vagina. Gejala yang ditunjukan yaitu bercak-bercak putih dan disertai gatal-gatal. Gejala lain yang ditimbulkan yaitu keluarnya cairan putih yang disertai butiran putih seperti tepung. Biasanya kandidiasis sangat rentan menginfeksi wanita dengan sistem imunitas rendah.

  1. Herpes genitalis

Penyakit kelamin yang satu ini disebabkan oleh virus HSV (Herpes Virus Hominis). Gejala yang akan dirasakan diantaranya yaitu gatal-gatal dan terasa panas pada bagian organ intim. Biasanya hal ini akan dirasakan setelah beberapa hari berhubungan intim.

  1. Kanker serviks

Semua orang tentunya mengenal jenis penyakit kelamin yang satu ini. Kanker serviks merupakan salah satu jenis penyakit reproduksi yang paling berbahaya dan bisa mengakibatkan kemandulan dan bahkan kematian. Penyakit ini diakibatkan oleh Human Papiloma Virus (HPV).

  1. Salpingitis

Salpingitis merupakan peradangan pada bagian tuba dan penyakit ini menjadi penyebab kemandulan (infertilitas) pada wanita. Infeksi penyakit salpingitis akan menyebabkan kerusakan secara permanen pada bagian tuba falopi sehingga sel telur akan dilepaskan setiap kali menstruasi dan tidak akan terjadi pembuahan meskipun sering melakukan hubungan intim.

  1. Trikomoniasis

Penyakit jenis ini merupakan penyakit kelamin menular. Biasanya penyakit kelamin ini menginfeksi wanita yang aktif melakukan aktivitas seksual. Maka dari itu penyakit ini menular melalui aktivitas sekasual. Penyebab penyakit kelamin ini adalah Trichomonas vaginalis. Bahkan bakteri tersebut bisa menempel pada baju, celana dan pakaian lainnya.

Nah, itulah jenis penyakit kelamin yang berbahaya bagi wanita. Untuk mencegah penyakit tersebut, biasakan untuk menjaga organ intim. Selain itu, untuk memperkuat sistem imun supaya tidak mudah terinfeksi penyekait tersebut, konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517