7 Obat Radang Tenggorokan Alami Paling Ampuh

Rasa sakit pada bagian tenggorokan merupakan salah satu indikasi adanya peradangan. Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa kondisi tersebut merupakan hal yang sepele. Akan tetapi jika dibiarkan maka sangat beresiko menyebabkan kondisi yang lebih parah/fatal. Dalam hal ini diperlukan obat radang tenggorokan alami sehingga tiak akan menimbulkan efek samping.

Jika ditinjau dari segi medis, radang tenggorokan merupakan suatu kondisi akibat infeksi bakteri. Nah, hal ini menyebabkan iritasi dan peradangan sehingga penderita akan merasakan gatal, batuk, sakit saat menelan dan suara menjadi serak. Bakteri penyebab radang tenggorokan yaitu Streptococcus Pyogenes dan tergolong bakteri Streptococcus golongan A. Bakteri jenis ini sangat rentan menyebar dan menular melalui udara ketika bersin.

Adapun gejala radang tenggorokan yaitu sebagai berikut:

  1. Kesulitan menelan makanan karena cenderung terasa sakit.
  2. Amandel membengkak.
  3. Kelenjar getah bening pada bagian leher membengkak.
  4. Terdapat bintik merah dibagian belakang dari atap mulut.
  5. Demam tinggi dengan suhu diatas 38 derajat celcius.
  6. Nyeri dan bengkak pada bagian sendi.
  7. Badan terasa lelah.

Berikut Ini Obat Alami Untuk Mengatasi Radang Tenggorokan

Daun kemangi

Salah satu obat alami untuk mengatsi radang tenggorokan yaitu dengan menggunakan daun kemangi. Caranya yaitu dengan merebus daun kemangi dan gunakan air rebusa tersebut untuk berkumur. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengunyah daun kemangi untuk meredakan peradangan pada tenggorokan.

Teh jahe

Ambil satu potong jahe kemudian rebus beberapa menit dan campurkan air rebusan tersebut dengan teh. Minum secara rutin untuk mengatasi peradangan pada tenggorokan.

Madu dan lemon

Buatlah ramuan madu yang dicampur dengan air lemon. Campuran dari kedua bahan ini dipercaya sangat efektif dalam mengatasi radang tenggorokan. Madu merupakan antibiotik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Begitupun dengan buah lemon yang mengandung vitamin sebagai antioksidan.

Teh chamomile

Mengkonsumsi teh chamomile akan membantu mengurangi rasa sakit dan perlahan menyembuhkan radang tenggorokan. Teh mengandung antioksidan yang mampu melawan bakteri penyebab peradangan.

Jus lemon tanpa gula

Selain dicampurkan dengan madu, Anda juga bisa membuat jus lemon tanpa gula sebagai salah satu cara dalam mengatasi radang tenggorokan. Minum sebanyak 2 – 3 kali dalam sehari dalam keadaan perut kosong atau sebelum makan.

Jus belimbing

Belimbing merupakan salah satu jenis buah yang memiliki khasiat dalam mengatasi peradangan. Selain dibuat jus, buah belimbing juga bisa Anda konsumsi secara langsung.

Bawang putih

Senyawa allicin pada bawang putih memiliki kemampuan untuk membasmi bakteri penyebab radang tenggorokan. Pengaplikasiannya bisa Anda kunyah secara langsung atau diolah terlebih dahulu. Namun menurut ahli kesehatan, bawang putih yang dikunyah langsung lebih efektif karena senyawa allicin tersebut masih utuh.

Related Posts

Share This