7 Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan

Vitamin adalah salah satu zat atau nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Dalam hal ini vitamin memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kinerja sel-sel tubuh sehingga berfungsi dengan baik. Kekurangan asupan vitamin akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh karena sistem imun yang menurun. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin juga merupakan salah satu nutrisi yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Nah, yang akan penulis ulas kali ini yaitu tentang manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai manfaat vitamin D, sudahkah kebutuhan vitamin harian Anda tercukupi? Tidak sedikit dari kita yang mengkonsumsi makanan hanya sekedar untuk menghilangkan rasa lapar saja tanpa memperdulikan kandungan nutrisi dari makanan tersebut. Padahal sebenarnya tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak bukan makanan yang banyak. Porsi makan banyak tidak menjamin nutrisi yang terkandungnya juga banyak.

Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh sangat beragam seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin B dan vitamin E. Dari semua jenis vitamin tersebut memiliki banyak turunan yang beragam dan semuanya diperlukan oleh tubuh.

Vitamin D merupakan salah jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kabar baiknya bagi Anda lbahwa vitamin D bisa diperoleh dengan mudah dari sinar matahari pagi. Lalu apa saja manfaat vitamin D untuk kesehatan?

Berikut Ini Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat vitamin D yang pertama yaitu untuk membantu meningkatkan imun tubuh sehingga mencegah infeksi penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri. Bahkan vitamin D berguna untuk melindungi tubuh dari ancaman penyakit akibat perubahan musim yang tidak menentu.

  1. Kesehatan Tulang

Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh membutuhkan asupan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Kekurangan kalsium sangat beresiko terhadap penyakit osteoporosis. Nah, dalam hal ini fungsi utama vitamin D adalah membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium ke dalam tulang. Kalsium dan vitamin D saling membutuhkan untuk bisa bekerja dengan baik sehingga asupan keduanya harus seimbang.

  1. Menjaga Berat Badan Ideal

Kebutuhan vitamin D yang tercukupi dengan baik bisa membantun menjaga berat badan ideal sehingga terhindar dari resiko obesitas. Terlebih lagi bagi Anda yang sedang menjalani program diet maka sebaiknya menyeimbangkan asupan vitamin D setiap harinya.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat selanjutnya dari vitamin D yaitu untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

  1. Menjaga Mood

Asupan vitamin D yang mencukupi ternyarta bisa menjaga mood dan suasana hati Anda sehingga lebioh bersemangat dalam melakukan setiap aktivitas. Bahkan bisa memunculkan ketenangan pikiran dan emosi lebih terkendali.

  1. Daya Ingat

Penyakit alzeimer merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang daya ingat seseorang seiring dengan bertambahnya usia. Namun jika Anda mencukupi asupan vitamin D maka hal ini sangat bermanfaat dalam mempertahankan kemampuan memori Anda dan terhindar dari Alzheimer.

  1. Mencegah Kematian Dini

Membisakan diri untuk berjemur di pagi hari ternyata sangat berguna untuk kesehatan dan mencegah kematian dini. Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Related Posts

Share This